cara membuat konten youtube
sumber: unsplash

Cara Membuat Konten YouTube Yang Menarik Untuk Pemula

Teruntuk kamu yang baru akan memulai menjadi konten kreator di platform berbagi video YouTube, mohon untuk perhatikan panduan lengkap cara membuat konten YouTube ini dengan seksama.

Pada artikel ini kamu akan belajar bagaimana caranya membuat konten supaya menghasilkan video yang membuat para penggemar menekan tombol subscribe dan betah berlama-lama menyaksikan video yang kamu buat.

Seperti diketahui bersama, perkembangan YouTube dari tahun ke tahun kian besar dan pesat. Tak heran banyak orang berramai-ramai menjadi konten kreator di YouTube.

Ajak Temanmu Jadi Content Creator, Menangkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Kebanyakan orang menjadi konten kreator untuk menghasilkan uang. Tapi mereka mungkin tidak tahu bahwa harus banyak yang dipikirkan agar bisa bertahan di YouuTube.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana cara membuat akun YouTube. Setelah membuat akun YouTube, kamu bisa coba belajar mengedit video.

Jika sudah, supaya kamu bisa bertahan di YouTube coba ikuti panduan lengkap cara membuat konten YouTube ini. Karena pondasi yang kuat bisa menghasilkan kesuksesan di kemudian hari. ciee gitu..

Cara Membuat Konten YouTube

Langkah Pertama: Buat Strategi Video

Langkah pertama cara membuat konten YouTube adalah dengan membuat strategi video. Kamu tentukan terlebih dahulu arah dari YouTube Channel kamu.

Beberapa kategori yang bisa membuatmu lebih cepat terkenal, contohnya channel berisikan hiburan, bermain game dan review atau unboxing produk.

Penggunaan judul pada video juga mempengaruhi ketertarikan penonton anda. Selain itu yang harus diperhatikan adalah kata kunci pada kotak deskripsi.

Hal penting yang diletakkan pada video YouTube adalah:

  • Judul video dibuat semenarik mungkin agar pemirsa penasaran
  • Lakukan pengisian kata kunci pada kotak deskripsi, agar bisa mencakup banyak orang
  • Tambahkan tautan video kamu yang lain
  • Yang paling penting pada langkah pertama ini adalah thumbnail. Buat thumbnail YouTube yang bikin orang tertarik.

Langkah Kedua: Temukan Topik Menarik

Sebagai YouTuber pemula kamu harus menumukan topik pembahasan yang menarik sebelum membuat video.

Gunakan beberapa alat untuk menemukan sebuah topik menarik.

  • Google Search
  • YouTube Search
  • Keywordtool

Semua yang disebutkan di atas bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk menentukan topik menarik.

Langkah Ketiga: Tulis Skrip

Setelah melihat judul video dan Thumbnail, setidaknya pada awal video kamu harus membuat penonton terpancing dengan kata-kata yang kamu ucapkan dan membuat penoton tetap betah setelah 15 detik awal.

Contohnya seperti: “Hallo guys, David disini dan inilah produk terbaru dari Asus”

Langkah Keempat: Targetkan Penonton

Tentu saja semua YouTuber menginginkan banyak penonton yang bisa menyaksikan videonya. Tapi alangkah baiknya jika konten yang kamu buat harus ada target pasarnya.

Misalkan kamu adalah seorang konten kreator jualan mobil-mobilan, sudah pasti targetnya adalah anak kecil yang baru bisa buka YouTube.

Langkah Kelima: Rekam Video

Cara Membuat Konten YouTube
sumber: pexels

Setelah persiapan pra-produksi selesai, saatnya kamu mulai merekam video pertama. Kalau YouTube channel kamu berfokus pada game, cukup tempatkan satu webcam depan layar, untuk merekam diri kamu sendiri.

Langkah Keenam: Edit Video

Cara Membuat Konten YouTube
sumber: pexels

Setelah merekam video, saatnya kamu melakukan edit video merangkum menjadi satu kesatuan video yang utuh. Mengedit video akan terasa lancar ketika kamu menggunakan Asus VivoBook 15, semua aplikasi editing video bakalan dilibas abis.

Mengedit video bisa memainkan peran penting dalam menentukan juga jumlah kesuksesan kamu di YouTube. Jika video diedit dengan benar, makan jumlah like dan penonton akan tinggi.

Langkah Ketujuh: Upload dan Bagikan Video

Jika merasa sudah yakin akan hasil video yang kamu buat, maka saatnya kamu mengunggah video pertama ke YouTube. Tidak sampai di situ saja, bagikan juga video kamu ke berbagai media sosial yang kamu punya. Tentunya agar seluruh teman dan sodara mengetahui kalau kamu menjadi seorang YouTuber.

Langkah Kedelapan: Libatkan Penonton

Para penonton akan sangat suka jika komentar mereka dianggap oleh si konten kreator. Hal ini juga menjadi penting karena kamu melibatkan penonton adalah kunci sukses kamu di Youtube. Lihatlah Windah Basudara, bapak dari bocil kematian. YouTuber satu ini sering kali melibatkan penonton setianya untuk menuntun Windah yang sedang bermain game.

Langkah Kesembilan: Kolaborasi

Lakukanlah kolaborasi dengan konten kreator lain agar terjalin simbiosis mutualisme. Kamu bisa mengambil hati dari penonton yang diajak kolaborasi, begitupun sebaliknya.

Langkah Kesepuluh: Konsisten

Setelah tahu cara membuat konten YouTube, hal penting lainnya adalah konsisten. Karena dengan melakukan ini keberlangsungan kamu menjadi konten kreator akan bertahan lama. Pertahankanlah yang menjadi ciri khas dari videomu, atau pakainmu.

Lakukan Dengan Benar

Langkah-langkah cara membuat konten YouTube untuk pemula di atas bisa menjadi bahan evaluasi buat kamu yang sudah menjadi konten kreator YouTube tapi tidak mendapatkan penonton lebih dari 1k. heheh….

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.