cara scan barcode maps

Tutorial Cara Scan Barcode Maps

Saat ini, share alamat lokasi bisa dilakukan hanya dengan mengirim barcode maps. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara scan barcode maps, berikut ini Zencreator berbagi penjelasan apa saja cara cara scan barcode maps yang bisa Anda coba.

Barcode maps adalah kode batang dua dimensi yang berisi informasi tentang lokasi geografis, seperti alamat, koordinat, atau nama tempat. Barcode maps dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mencari arah, menandai tempat favorit, atau berbagi lokasi dengan orang lain.

Namun, bagaimana cara scan barcode maps? Apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk scan barcode maps?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan panduan lengkap untuk pemula tentang cara scan barcode maps.

Apa itu Barcode Maps?

cara scan barcode maps

Barcode maps adalah kode batang dua dimensi yang berisi informasi tentang lokasi geografis. Barcode maps dapat dibuat dengan menggunakan layanan online seperti Google Maps atau Bing Maps, atau dengan menggunakan aplikasi khusus seperti QR Code Generator atau Barcode Generator.

Barcode maps dapat berisi informasi seperti:

  • Alamat lengkap, misalnya Jl. Ahmad Yani No. 10, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Koordinat geografis, misalnya -3.318607, 114.594597
  • Nama tempat, misalnya Masjid Raya Sabilal Muhtadin
  • URL peta, misalnya https://www.google.com/maps/place/Masjid+Raya+Sabilal+Muhtadin

Barcode maps dapat disimpan sebagai gambar PNG, JPG, atau SVG, atau dicetak pada media kertas atau plastik. Barcode maps dapat dibaca oleh perangkat yang memiliki kamera dan aplikasi pemindai kode batang, seperti smartphone, tablet, atau laptop.

Cara scan barcode maps menggunakan smartphone dengan cara scan barcode maps menggunakan laptop tentu berbeda. Ada aplikasi bawaan di smartphone keluaran terbaru yang bisa digunakan untuk scan barcode maps.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Barcode Maps?

Barcode maps memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan metode lain untuk menyampaikan informasi lokasi geografis, antara lain:

  • Praktis dan mudah dibuat. Barcode maps dapat dibuat dengan cepat dan mudah dengan menggunakan layanan online atau aplikasi khusus. Barcode maps juga tidak memerlukan banyak ruang untuk disimpan atau dicetak.
  • Akurat dan informatif. Barcode maps dapat menyimpan informasi lokasi geografis dengan tingkat akurasi yang tinggi. Barcode maps juga dapat menyediakan informasi tambahan seperti nama tempat, jarak, arah, atau waktu tempuh.
  • Interaktif dan fleksibel. Barcode maps dapat diakses oleh pengguna dengan menggunakan perangkat yang memiliki kamera dan aplikasi pemindai kode batang. Pengguna dapat melihat peta lokasi pada layar perangkat, mengubah skala atau orientasi peta, atau membuka aplikasi navigasi untuk mendapatkan arah lebih lanjut.
  • Aman dan terpercaya. Barcode maps tidak mudah rusak atau hilang karena disimpan sebagai gambar digital atau dicetak pada media tahan lama. Barcode maps juga tidak mudah dipalsukan atau dimanipulasi karena memiliki sistem enkripsi yang kuat.

Bagaimana Cara Scan Barcode Maps?

cara scan barcode maps

Cara scan barcode maps tergantung pada jenis perangkat dan aplikasi yang digunakan oleh pengguna. Berikut adalah beberapa cara scan barcode maps yang umum digunakan:

Menggunakan smartphone atau tablet Android

Pengguna dapat menggunakan aplikasi pemindai kode batang yang tersedia di Google Play Store, seperti Google Lens, QR & Barcode Scanner, atau QR Code Reader.

Pengguna cukup membuka aplikasi tersebut, mengarahkan kamera perangkat ke barcode maps, dan menunggu hingga informasi lokasi muncul pada layar. Pengguna kemudian dapat memilih untuk membuka peta lokasi dengan menggunakan Google Maps atau aplikasi navigasi lainnya.

Menggunakan iPhone atau iPad

Pengguna dapat menggunakan aplikasi pemindai kode batang yang tersedia di App Store, seperti QR Code Reader & Scanner, QR Reader for iPhone, atau QR Scanner: QR Code Reader & Barcode Scanner.

Pengguna cukup membuka aplikasi tersebut, mengarahkan kamera perangkat ke barcode maps, dan menunggu hingga informasi lokasi muncul pada layar. Pengguna kemudian dapat memilih untuk membuka peta lokasi dengan menggunakan Apple Maps atau aplikasi navigasi lainnya.

Menggunakan laptop atau komputer

Pengguna dapat menggunakan aplikasi pemindai kode batang yang tersedia di web browser, seperti Online Barcode Reader, Web QR, atau Online QR Code Reader.

cara scan barcode maps

Pengguna cukup membuka situs web tersebut, mengunggah gambar barcode maps, atau mengarahkan kamera perangkat ke barcode maps, dan menunggu hingga informasi lokasi muncul pada layar.

Pengguna kemudian dapat memilih untuk membuka peta lokasi dengan menggunakan Google Maps, Bing Maps, atau aplikasi navigasi lainnya.

Demikianlah berbagai cara scan barcode maps yang bisa Anda coba. Dengan cara scan barcode maps ini, Anda bisa melihat alamat yang dishare secara lebih mudah dan cepat.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.