laptop asus

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih dan Membeli Laptop!

jangan sampai salah pilih

Apa saja yang perlu kita perhatikan saat memilih dan membeli laptop? Ini merupakan pertanyaan wajar. Terutama buat kamu yang tidak terlalu mengikuti perkembangan teknologi atau kurang terbiasa bersentuhan dengan berbagai hal teknis.

Memang membeli laptop tidaklah mudah. Karena sebagai produk teknologi, laptop memiliki banyak variasi dengan spesifikasi dan fitur masing-masing. Sekali lagi, tidak heran jika banyak yang bingung waktu mau membelinya.

Tapi mari kita coba memperhatikan satu persatu hal yang bisa menentukan pembelian laptop. Tentunya selain masalah harga.

Fungsi Laptop

Fungsi laptop memainkan peran penting dalam keputusan membeli. Apakah laptop untuk anak sekolah? Apakah untuk pekerjaan desain? Apakah bisa untuk edit video? Apakah bisa untuk main game?

Memang, semakin canggih laptop, kemungkinan pemakaiannya lebih banyak dan umur ekonomisnya juga bisa lebih panjang. Fungsi laptop akan berkaitan dengan “kelas” laptop, termasuk sepsifikasi dan harganya.

asus br1100cka
laptop pelajar ASUS BR1100CKA

Sebagai contoh, laptop pelajar biasanya merupakan laptop kelas pemula yang relatif murah. Namun, spesifikasi laptop ini akan cukup rendah untuk bisa menjalankan program desain. Apalagi untuk main game.

Laptop kelas gaming jelas punya spesifikasi tinggi dan fitur melimpah. Namun harganya jelas tinggi. Belum tentu pengguna pun memanfaatkan semua kelebihan laptop itu.

Prosesor

Prosesor boleh kita sebut sebagai otak dari komputer. Semakin tinggi prosesor yang dimiliki laptop, kemampuan pengolahan datanya pun semakin tinggi. Sehubungan dengan kemampuan itu, prosesor pun memiliki beberapa kelas.

Ini contoh yang sering ditemui pada prosesor Intel:

  • Intel Celeron biasanya terdapat pada laptop kelas low end / pemula.
  • Laptop Intel Core i3 dan laptop Intel Core i5 biasanya terdapat pada kelas menengah (mainstream / umum).
  • Sedangkan Intel Core i7 dan i9 akan masuk pada kelas atas / high end, seperti laptop untuk profesional dan gaming.
laptop gaming ROG Zephyrus S17

Harap perhatikan, rentang harga pada laptop dengan Intel Core i3 sampai i9 bisa cukup jauh, tergantung spesifikasi lain yang dimiliki laptop bersangkutan.

RAM

RAM merupakan komponen yang biasanya mempengaruhi kemampuan multitasking laptop. Dengan kata lain, seberapa banyak aplikasi dan seberapa besar ukuran file yang diolah oleh komputer. Semakin besar RAM, kamu akan semakin mudah membuka banyak aplikasi dan berpindah antara satu dengan lainnya sekaligus.

Lagi-lagi pada umumnya pembagian kelas juga menyangkut kapasitas RAM. Contohnya:

  • Laptop dengan RAM 4GB biasanya masuk di kelas pemula / low end (ada yang menawarkan 8GB tapi relatif jarang).
  • Laptop dengan RAM 8GB-16GB biasanya ada di kelas menengah (dan agak atas).
  • Di atas kapasitas 16GB, biasanya sudah terhitung laptop high end.
laptop ProArt StudioBook Pro 16 OLED (RAM sampai 64GB)

Sebagai gambaran, biasanya orang bertanya berapa RAM yang dibutuhkan laptop pelajar. Karena kebutuhannya tidak tinggi (sekitar program Office dan browser), RAM 4GB sudah memadai.

Penyimpanan / Hard Disk

Seperti namanya, hard disk akan menjadi tempat kamu menyimpan data. Berbeda dengan komponen lain, pertimbangannya agak sedikit beda.

Saat ini ada dua jenis penyimpanan yang umum, HDD dan SSD. SSD (Solid State Drive) menjadi rekomendasi saat ini karena berupa keping solid yang memungkinkan akses data lebih cepat. Sedangkan HDD (hard disk drive), yang di dalamnya terdapat piringan (namanya juga disk) cenderung lebih lambat dan punya resiko fragmentasi.

Walau begitu, harga SSD saat ini masih lebih mahal dari HDD. Jadi jangan heran jika ada laptop yang menawarkan HDD dengan kapasitas lebih tinggi dari SSD.

GPU / Kartu Grafis

GPU atau kartu grafis merupakan komponen yang membantu komputer malakukan pengolahan data visual. Sehingga tidak heran jika komputer gaming atau yang dipakai untuk edit video selalu mengunggulkan GPU yang ada di dalamnya.

Secara Umum GPU terbagi dua. Yang pertama terintegrasi (biasanya datang bersama prosesor), dan yang kedua terpisah (discrete). Laptop dengan GPU terintegrasi biasanya termasuk dalam laptop pemula sampai menengah. Sementara laptop dengan GPU discrete (tergantung seri GPU-nya), biasanya terhitung mulai dari kelas menengah dan high-end.

Jadi, kalau kamu hanya memakai laptop untuk kebutuhan umum, laptop dengan GPU terintegrasi sudah akan memadai. Kalau kamu memang mencari laptop gaming, silakan pelajari kelas dan seri GPU lebih lanjut.

Layar

Sudah jelas kalau ukuran layar juga akan menentukan besar laptop. Kalau kamu ingin laptop yang ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana, laptop 13 inci jelas masuk akal. Tapi kalau kamu mementingkan tamplan yang lebih luas, laptop berukuran 15 atau 16 inci akan lebih baik.

laptop ASUS VivoBook 15 OLED

Di samping itu, panel layar juga akan mempengaruhi tampilan gambar. Pada umumnya, layar laptop masih menggunakan panel IPS. Namun kini sudah mulai beralih ke panel OLED yang bisa memberikan kecerahan warna, kontras cahaya, dan ketajaman gambar lebih baik. Termasuk juga sudut pandangan.

Lalu, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah kamu ingin laptop dengan layar sentuh atau tidak. Tentu, layar sentuh akan memberikan cara menggunakan komputer selain dengan touchpad dan mouse.

Pertimbangan Lain

Selain berbagai hal di atas, ada juga beberapa hal lain yang mungkin tidak terlalu penting, tapi layak jadi pertimbangan waktu memilih laptop. Misalnya, apakah laptop itu konvensional, atau konvertibel (layar bisa dilipat 360º), apakah ada sensor sidik jari atau tidak, dan apakah ada fitur unggulan lain yang berguna (layar sekunder, dll).

Nah, silakan pelajari berbagai hal di atas, perhatikan, dan bandingkan ketika kamu membeli laptop. Semoga pengetahuan dari pemaparan ini bisa mempersempit pilihan dan mempermudah kamu membeli laptop.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.