ASUS Vivoboon Pro 14X

Mengenal Teknologi Eye Care ASUS OLED : Mengurangi Cahaya Biru Hingga 70%

Paparan radiasi sinar biru pada layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan pada mata bahkan dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak.

Pada umumnya, mengurangi paparan radiasi sinar biru di layar laptop dilakukan dengan mengurangi tingkat reproduksi warna biru. Namun hal tersebut akan mengurangi tingkat akurasi warna dan membuat kualitas visual menjadi sangat buruk.

Penuaan Dini pada Retina Mata

Penelitian telah menunjukkan bahwa di mata anak berusia lima tahun, sekitar 60% dari emisi cahaya biru yang diterima melewati retina, dibandingkan dengan hanya sekitar 20% untuk orang dewasa berusia 60 tahun. Dengan layar ASUS OLED, tingkat cahaya biru yang jauh lebih rendah berarti perawatan mata yang lebih baik untuk anak-anak.

Cahaya biru lebih berbahaya jika ditangkap oleh retina Anak usia 5 tahun

Efek Berbahaya Pada Sel Retina

Reseptor Warna adalah sel-sel di retina mata yang bertanggung jawab untuk pemrosesan penglihatan warna di mata. Dalam percobaan yang dilakukan oleh Universitas Farmasi Gifu di Jepang, reseptor warna menjadi sasaran sumber cahaya merah, hijau, dan biru. Reseptor warna atau biasa disebut sel kerucut di bawah paparan cahaya biru bisa turun drastis secara bertahap hingga menjadi menjadi 20% setelah 24 jam, sehingga keberadaan cahaya biru menjadi hal yang berbahaya sekaligus merusak pada reseptor warna jika digunakan dalam waktu yang lama, beruntungnya, ASUS menggunakan teknologi Eye Care sehingga keberadaan cahaya biru dapat diturunkan sehingga mata, khususnya sel-sel retina menjadi lebih aman.

Cahaya Biru dapat mengurani sel-sel retina mata hingga 80%

Cahaya Biru Mengganggu Siklus Tidur

Saat hari mulai gelap, otak Anda memproduksi hormon melatonin, yang membantu menjaga jadwal yang benar dari siklus tidur harian Anda. Menurut sebuah studi dari Universitas Stanford, produksi melatonin dapat diblokir oleh paparan cahaya biru di malam hari, dan berpotensi menyebabkan gangguan tidur serta insomnia.

Cahaya biru dapat mengganggu tidur lelap Anda di malam hari

Nah karena hal-hal tersebut lah, fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga secara jangka panjang dapat mengurangi dampak yang terjadi pada mata Anda. Semua itu terjadi tanpa mengurangi kualitas reproduksi dan akurasi warna dari OLED itu sendiri. Dengan menggeser spektrum biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland. Nah bagaimana, apakah sekarang sudah makin mantap untuk memilih produk ASUS OLED dan makin paham tentang fitur Eye Care nya?

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.