Promosi bisnis itu tidak melulu harus lewat ads, karena kamu bisa andalkan Whatsapp. Lalu, bagaimana cara promosi di Whatsapp? Nah, cara promosi di Whatsapp ini sudah masuk ke dalam pembahasan Whatsapp Marketing. Apa itu Whatsapp Marketing?
Daftar Isi:
ToggleSecara singkat, definisi Whatsapp Marketing adalah sebuah strategi promosi atau pemasaran yang menggunakan aplikasi Whatsapp untuk memasarkan produk atau layanan bisnisnya ke pelanggan. Nah, dalam melakukan marketing di Whatsapp ini biasanya para marketer mengirim pesan yang berisi informasi produk atau layanan kepada pelanggan secara langsung.
Namun, untuk cara promosi di Whatsapp tidak bisa asal langsung kirim pesan ke nomor pelanggan. Kalau seperti itu, bisa-bisa pelanggan malah merasa tidak nyaman. Lalu bagaimana cara promosi di Whatsapp agar pelanggan tidak terganggu? Nah, sini saya beri tahu cara promosi di Whatsapp lewat artikel berikut!
Baca Artikel SelengkapnyaKeunggulan Whatsapp Marketing
Sebelum kita bahas tentang cara promosi di Whatsapp, sebaiknya ketahui juga apa saja yang bisa kamu dapatkan dari promosi di Whatsapp? Selain meningkatkan branding agar jualan semakin ramai, adakah keunggulan lainnya? Nah, jawaban atas pertanyaan itu akan terjawab melalui pembahasan di bawah ini:
- Keunggulan dari marketing Whatsapp ini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan. Komunikasi Whatsapp ini dua arah yang dilakukan secara real time sehingga pelanggan dan pelaku bisnis bisa meningkatkan komunikasi yang efektif dan responsif.
- Selain itu, pengguna Whatsapp di seluruh dunia itu sangat banyak. Tercatat sudah lebih dari 2 milliar orang menggunakan Whatsapp. Dengan banyaknya pengguna Whatsapp maka artinya kamu bisa menjangkau audiens atau pelanggan lebih luas.
- Nah, ini yang paling penting di mana kamu bisa mengirim pesan promosi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Kamu bisa atur dan personalisasi setiap pesan promosi Whatsapp ke setiap pelanggan yang berbeda.
- Kelebihan lain dari Whatsapp Makreting juga adalah lebih hemat budget. Dibanding kamu harus pasang iklan di Google atau tempat lainnya, pemasaran Whatsapp ini cukup mengandalkan fitur-fitur Whatsapp yang bisa kamu akses secara gratisan lho.
- Lalu, keunggulan yang terakhir adalah, Whatsapp memiliki fitur untuk mengirim pesan menggunakan berbagai jenis konten, baik berupa teks, gambar, video, emoji, dokumen, dan lainnya sehingga kamu bisa lebih leluasa memilih jenis konten promosi yang paling tepat untuk bisnismu.
Intinya adalah, promosi di Whatsapp ini mungkin jarang terdengar gaungnya namun ia memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Lagi pula melakukan promosi di Whatsapp itu sebagian besar gratis karena fiturnya pun bisa diakses secara bebas dan gratis.
Cara Promosi di Whatsapp
Nah, kalau kamu sudah melihat bagaimana keuntungan dari Whatsapp Marketing, sekarang waktunya mulai praktikkan cara promosi di Whatsapp dengan efektif dan optimal. Berikut adalah kiat-kiat cara promosi di Whatsapp yang paling dasar:
Tentukan Target Audiens atau Target Pasar
Cara promosi di Whatsapp yang pertama adalah, kamu harus tentukan dan tahu siapa target pasarnya. Misalnya, jika kamumemiliki produk jualan di kategori kecantikan, mungkin kamu bisa menargetkan perempuan sebagai target audiensnya.
Tapi, sampai gender saja tidak cukup. Pikirkan juga soal usianya dan demografi. Misalnya, jika produk kecantikannya untuk orang dewasa berarti kamu harus fokus pada perempuan di usia tertentu. Penentuan target audiens ini akan lebih efektif untuk cara promosi di Whatsapp karena promosinya langsung ke pelanggan yang membutuhkan produk kamu.
Pastikan Punya Branding yang Jelas
Setelah memiliki target audiens dan target pasar yang jelas, sekarang kamu juga harus memikirkan tentang branding bisnis kamu. Branding bisnis ini istilahnya, bisnis kamu mau dilihat sebagai apa di mata audiens.
Misalnya, bisnis kamu tentang produk kecantikan dan kamu ingin audiens melihatnya sebagai produk yang bisa mengatasi semua masalah di wajah. Nah, konsisten dengan branding tersebut sehingga audiens pun akan lebih spesifik dan lebih loyal karena disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
Buat Konten Promosi yang Menarik
Lalu, sebelum kamu menyebarkan promosi produk di Whatsapp maka pastikan juga bahwa kamu membuat dan merancang konten promosi yang menarik. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Whatsapp menyediakan berbagai jenis konten.
Silakan manfaatkan semua fiturnya untuk bisa menghasilkan promosi yang unik dan menarik. Tapi ingat, ya, sesuaikan dengan target pasar dan branding produkmu.
Pastikan Simpan Kontak Para Pelanggan
Whatsapp ini sangat mengandalkan kontak telepon sehingga kamu harus memiliki nomor Whatsapp dari para pelanggan. Untuk itu, saya sarankan untuk simpan nomor Whatsapp para pelanggan dengan namanya, ya. Jadi, jika nanti kamu mengirimkan pesan promosi, bisa langsung sebut nama pelanggannya agar terasa lebih personal.
Pakai Fitur Broadcast
Di Whatsapp ada yang namanya fitur Whatsapp Broadcast. Jadi, fitur ini bisa mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus tanpa repot membuat grup. Nanti penerima pesan Broadcast ini bakal menerima pesan layaknya mendapatkan chat Whatsapp dari orang secara personal.
Nah, namun fitur Broadcast ini bisa memudahkan pengirim untuk mengirimkan pesan yang sama sekaligus ke banyak nomor kontak Whatsapp. Kamu bisa pilih dulu kontak yang akan menerima pesna Broadcast. Untuk cara menggunakannya bisa cek artikel ini: Tutorial Menggunakan Broadcast WA Dan Tips Memaksimalkannya.
Manfaatkan Whatsapp Business
Selain Whatsapp Broadcast, kamu juga bisa memanfaatkan Whatsapp Business. Berbeda dengan Whatsapp biasa, kalau Whatsapp Business ini memang dirancang untuk pelaku usaha, baik usaha besar, menangah, atau kecil.
Apa bedanya Whatsapp Business dengan Whatsapp biasa? Ada di bagian fitur di mana Whatsapp Business memiliki fitur yang sangat membantu pelaku bisnis dalam mengelola bisnisnya.
Misalnya, di Whatsapp Business kamu bisa mengatur pesan otomatis untuk menjawab pesan dari pelanggan saat kamu belum membuka Whatsapp. Selain itu, Whatsapp Business juga memiliki fitur katalog produk sehingga pelanggan lebih mudah melihat produk apa saja yang ditawarkan oleh toko kamu.
Gunakan Fitur Channel Whatsapp
Cara promosi di Whatsapp selanjutnya adalah, kamu bisa gunakan fitur Channel Whatsapp. Channel Whatsapp ini merupakan fitur di mana kamu bisa membagikan apapun dalam suatu ruang obrolan. Apa bedanya Channel Whatsapp dengan grup Whatsapp?
Nah, kalau Channel ini para membernya tidak bisa melihat informasi pengirim pesan di Channel. Lalu, para member yang tergabung dengan Channel Whatsapp hanya bisa memberikan react pakai emoji tanpa bisa melakukan interaksi lain, seperti chatting.
Jadi, menurut saya, Channel Whatsapp ini akan sangat bagus untuk soft selling produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa promosi menggunakan artikel yang memberikan link ke website penjualan produk atau ke e-commerce produk yang kamu jual.
Untuk tahu lebih lengkap soal Channel Whatsapp, silakan baca artikel inI: 5 Cara Membuat Channel Whatsapp Termudah, Semua Bisa Bikin!
Update Story Whatsapp
Nah, tadi kamu sudah menyimpan nomor Whatsapp para pelanggan, dan pasti ada saja pelanggan loyal yang menyimpan nomor Whatsapp kamu kan? Untuk itu, saya sarankan selalu update story di Whatsapp untuk mempromosikan barang dagangan kamu.
Pastikan story yang dibuat itu menarik dan bikin pelanggan penasaran sehingga mereka mau melakukan aksi terhadap barang yang kamu jual, entah itu membelinya atau sekedar bertanya pun tidak apa-apa. Cukup untuk meningkatkan visibilitas dan branding bisnis kamu.
Kendala dan Kekurangan Promosi di Whatsapp
Meski memang cara promosi di Whatsapp ini mudah dilakukan tetapi tetap saja ada beberapa tantangan dan kekurangan yang harus kamu pertimbangkan untuk kamu hindari. Apa saja itu? Inilah kekurangan cara promosi di Whatsapp:
- Pastikan bahwa kamu tidak mengganggu kenyamanan dan privasi penerima pesan promosi karena semua hal menyangkut privasi ini diatur oleh Whatsapp. Jadi, silakan pelajari dulu soal regulasi data privasi, ya.
- Selain itu, terkadang pelanggan merasa terganggu dengan adanya pesan promosi di Whatsapp. Alih-alih bisa meningkatkan branding, justru akun bisnis kita yang diblokir oleh pelanggan. Maka dari itu, pilihlah wkatu yang tepat untuk berpomosi jangan sampai melakukan spam.
- Lalu, beberapa pelaku bisnis juga kadang kewalahan dalam mengelola dan menanggapi pesan dari pelanggannya sehingga kamu membutuhkan strategi yang efektif dalam berinteraksi dengan pelanggan agar semua pesan bisa dijawab lebih efisien dan efektif.
Nah, kira-kira seperti itulah pembahasan kita tentang promosi di Whatsapp atau lebih dikenal dengan Whatsapp Marketing. Gimana nih, kamu tertarik untuk mencobanya?
Discussion about this post