checker adalah

Checker Adalah: Pekerjaan, Tugas, dan Prospeknya di Dunia Digital

Checker adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan pengecekan secara detail dan menyeluruh terhadap barang, data, atau kerjaan bawahannya.

Checker harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi untuk mengikuti standar yang berlaku dalam perusahaan tersebut. Checker dibutuhkan di berbagai bidang seperti produksi, gudang, QC, dan lain-lain.

Pekerjaan Checker Adalah

Pekerjaan checker adalah pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk memeriksa dan mencatat barang yang masuk atau keluar dari gudang, hasil produksi, kualitas barang, dan lain-lain.

Tanggung jawab checker adalah untuk memastikan keakuratan dan kesesuaian data yang tercatat dalam laporan dengan jumlah barang barang di dalam gudang.

Tujuan pekerjaan checker adalah untuk menghindari hal-hal buruk seperti barang hilang, kesalahan dalam mengelola inventaris, out of stock, dan sebagainya.

checker adalah

Checker juga berperan dalam menjaga reputasi bisnis perusahaan dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Apa Tugas-Tugas Checker?

Tugas-tugas checker adalah tergantung dari bidang pekerjaan yang digeluti. Namun secara umum, ada beberapa tugas utama yang biasa dilakukan oleh checker, yaitu:

Cek barang masuk

Mengecek barang yang masuk atau dikirim ke gudang dengan memeriksanya secara teliti sesuai dengan daftar pengiriman.

Checker harus mencocokkan antara jumlah, kondisi, dan spesifikasi barang tersebut dengan informasi yang tercantum dalam dokumen penerimaan.

Menerbitkan laporan

Menerbitkan laporan penerimaan barang dan memberikan kode pada produk-produk tersebut (seperti nomor ID produk, nomor seri, dll) menggunakan alat tertentu.

Mengorganisir barang

Menyimpan barang di dalam gudang sesuai dengan metode yang digunakan oleh checker gudang. Checker harus memastikan bahwa barang disimpan di tempat yang aman, rapi, dan mudah diakses.

Cek barang keluar

Mengecek barang yang akan dikirim ke pelanggan dengan memeriksanya kembali sesuai dengan pesanan.

Checker harus memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan jumlah, kualitas, dan spesifikasi yang diinginkan pelanggan.

checker adalah

Memeriksa barang

Melakukan pemeriksaan berkala terhadap barang yang ada di gudang untuk memastikan bahwa tidak ada barang yang rusak, kadaluarsa, atau hilang. Checker harus melaporkan jika ada barang yang bermasalah kepada atasan atau bagian terkait.

Melaporkan jumlah barang

Melaporkan jumlah barang secara transparan kepada atasan atau bagian terkait. Checker harus membuat laporan yang akurat dan terbaru mengenai stok barang yang ada di gudang, barang yang masuk, barang yang keluar, dan barang yang retur.

Bagaimana Prospek Pekerjaan Checker?

Prospek pekerjaan checker cukup baik di dunia digital. Hal ini karena checker dibutuhkan di berbagai bidang usaha yang berhubungan dengan internet dan teknologi.

Misalnya, checker produksi yang memeriksa kualitas produk digital seperti aplikasi, website, game, dan lain-lain.

Checker gudang yang memeriksa barang-barang elektronik seperti laptop, smartphone, kamera, dan lain-lain.

Checker QC yang memeriksa kualitas layanan digital seperti e-commerce, online banking, online education, dan lain-lain.

Pekerjaan checker adalah pekerjaan yang juga memiliki peluang untuk berkembang dan naik jabatan. Checker yang berpengalaman dan memiliki kinerja yang baik dapat dipromosikan menjadi supervisor, manager, atau bahkan direktur.

Checker adalah pekerjaan yang juga dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya dengan mengikuti pelatihan, kursus, atau sertifikasi yang relevan dengan bidang pekerjaannya.

Kisaran penghasilan checker

Data penghasilan pekerjaan checker dapat bervariasi tergantung dari bidang, perusahaan, lokasi, dan pengalaman kerja. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa informasi yang dapat saya berikan:

  • Checker produksi: Checker produksi adalah checker yang memeriksa kualitas produk digital seperti aplikasi, website, game, dan lain-lain. Menurut Salary Benchmark, gaji rata-rata checker produksi di Indonesia adalah Rp 5.000.000 per bulan.
  • Checker gudang: Checker gudang adalah checker yang memeriksa barang-barang elektronik seperti laptop, smartphone, kamera, dan lain-lain. Menurut Waresix, gaji rata-rata checker gudang di Indonesia adalah Rp 3.500.000 per bulan.
  • Checker QC: Checker QC adalah checker yang memeriksa kualitas layanan digital seperti e-commerce, online banking, online education, dan lain-lain. Menurut ZipRecruiter, gaji rata-rata checker QC di Indonesia adalah Rp 6.000.000 per bulan.

Kesimpulan

Checker adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan pengecekan secara detail dan menyeluruh terhadap barang, data, atau kerjaan bawahannya.

Checker adalah pekerjaan yang mengharuskan memiliki tingkat ketelitian yang tinggi untuk mengikuti standar yang berlaku dalam perusahaan tersebut. Checker dibutuhkan di berbagai bidang seperti produksi, gudang, QC, dan lain-lain.

Pekerjaan checker memiliki prospek yang baik di dunia digital. Checker dapat bekerja di berbagai bidang usaha yang berhubungan dengan internet dan teknologi.

Checker juga memiliki peluang untuk berkembang dan naik jabatan dengan meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya. Itulah penjelasan Zencreator mengenai checker, semoga bemanfaat.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.