Hardware Apa yang Kamu Butuhkan Untuk Menjadi VR Developer?

Meskipun teknologi VR masih terus berkembang, keberadaannya telah membuat dampak besar di dunia game, arsitektur dan desain produk, dan permintaan untuk pengembangan aplikasi dalam ekosistem VR makin tinggi. Kalau kamu ingin beralih ke ranah VR (atau keinginan untuk mendalami VR), dengan biaya hardware dan keperluan lainnya yang makin ke sini makin terjangkau, saatnya adalah sekarang untuk mulai mengembangkan virtual reality (VR) atau augmented reality ( Pengalaman AR)/realitas campuran (MR).

Keterampilan paling penting yang kamu perlukan adalah kemampuan untuk mendesain dalam tiga dimensi karena seperti yang kita ketahui bersama, perangkat VR memungkinkan konsumen berinteraksi dengan lingkungan di dalamnya dalam lingkup 3D.

Berarti kamu harus mulai mempelajari pemodelan maupun pemindaian 3D, biasakanlah “bermain” dengan aplikasi 3D seperti Unity atau Unreal, dan mempelajari cara memanipulsi gambar atau video 360 derajat.

Ajak Temanmu Jadi Content Creator, Menangkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Namun seperti yang kita tahu juga, semua proses ini sangat membutuhkan komputasi yang rumit, jadi sudah pasti kamu memerlukan daya komputasi kelas atas.

Teknologi apa yang saya butuhkan?

Untuk memudahkan kamu dalam workflow kerja di ekosistem VR, kamu harus mengeluarkan kocekk untuk investasi pada air-cooled workstation dan juga server, tentunya kamu juga memperlukan GPU kelas atas yang dapat menangani workload semacam itu.

Lagipula, mengikuti perkembangan VR, tidak berlebihan jika kita menganggap beberapa tahun ke depan, optimalisasi perangkat juga terus berkembang. Oleh karena itu, investasi yang kamu lakukan sekarang justru sangat worth it untuk masa depan.

Untungnya lagi, banyak opsi rig di luar sana yang dirancang khusus untuk pengembangan 3D dan VR langsung. Pembuat headset VR seperti Oculus, SteamVR, dan Hololens juga terus melakukan optimalisasi agar barrier entry ke teknologi VR maupun AR semakin murah.

Nah, untuk GPU serta rig yang sesuai dengan kebutuhanmu, ada baiknya untuk mencari produk yang dipasarkan sesuai dengan kebutuhan itu sendiri, seperti misalnya ASUS memberi label produknya “Beyond VR Ready” yang menandakan produk-produk ASUS dengan label tersebut sudah sangat sesuai untuk kebutuhan VR. Banyak perangkat ASUS mulai dari motherboard, GPU, serta aksesoris-aksesoris tambahan untuk membantu kamu memiliki pengalaman yang terbaik ketika menggunakan itu semua untuk keperluan VR.

ESC700 G3, workstation populer untuk pengembangan VR. Beberapa server/workstation ASUS paling populer yang digunakan oleh developer VR adalah ESC500 G4 atau ESC700 G3 . Mereka menawarkan solusi dan efisiensi daya terdepan di industri, konektivitas berkecepatan tinggi, dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk aplikasi VR kelas atas.

ESC500 G4 juga menawarkan konektivitas USB 3.1 10 Gb/s untuk kecepatan transfer tinggi, kemampuan untuk menggerakkan tiga layar independen sekaligus dan memungkinkan kamu untuk menambahkan kartu grafis tambahan. Sementara itu, ESC700 G3 memiliki fitur teknologi traffic-shaping untuk mengurangi lag lebih jauh dan ia juga sudah memakai sistem low-noise, yang berarti proses kreatif kamu tidak akan terganggu saat melakukan tugas komputasi berat yang membutuhkan lebih banyak daya. Perangkat ini juga memiliki kapasitas memori 128GB dan fitur SATA 3 yang memiliki kecepatan throughput data 6Gb/s, jenis kecepatan yang Anda perlukan ketika berurusan dengan file besar yang terkait dengan VR dan AR. Dengan jenis sistem yang tersedia dan dioptimalkan untuk aplikasi 3D yang, kamu siap untuk berpetualang di dunia virtual maupun AR, jadi tunggu apalagi?

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.