ASUS Vivoboon Pro 14X
laptop asus proart studiobook

Laptop ASUS ProArt StudioBook: Ganteng & Inovatif

untuk pekerja kreatif profesional

Kalau ROG jadi perangkat ASUS khusus gaming, maka Proart StudioBook merupakan lini laptop untuk para profesional di bidang kreatif. Lini laptop ini tidak kalah dengan ROG, dan juga punya spesifikasi dan inovasi yang keren.

Kenapa Pilih ASUS ProArt StudioBook?

Karena ditujukan untuk pekerja kreatif profesional, termasuk para content creator, laptop ASUS ProArt StudioBook memiliki spesifikasi yang tinggi. Prosesornya minimal Intel Core i7 atau hingga Intel Xeon (biasanya digunakan untuk komputer non-konsumen dan server). Sementara GPU-nya juga memakai NVIDIA GeForce RTX kelas atas atau NVIDIA Quadro RTX.

proart studiobook one

Di samping itu, desain laptop ini juga elegan dan keren. Termasuk ada logo ProArt di penutup layar, seperti logo ROG di laptop gaming. Ya, malu-maluin dong kalau pekerja kreatif profesional punya laptop dengan tampilan jelek?

Yang lebih seru lagi, seri laptop ini yang diumumkan di tahun 2021 punya inovasi unik. Inovasi itu adalah tuas ASUS Dial yang berguna untuk mengatur indikator aplikasi (seperti warna, ukuran brush, dll). Tuas ASUS Dial ini ada yang berbentuk fisik dan ada yang hadir sebagai tuas sentuh di touchpad.

Laptop ASUS ProArt StudioBook Yang Keren

Seperti lini produk ASUS lain, ProArt StudioBook memiliki beberapa seri. Tepatnya seri Pro dan yang biasa. Namun, berbeda dengan yang lain, kategori yang sama bisa memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, inilah beberapa laptop ASUS ProArt StudioBook yang keren.

ProArt StudioBook Pro X

laptop asus proart studiobook x

ASUS ProArt StudioBook Pro X merupakan salah satu laptop dengan spesifikasi paling tinggi. Spesifikasi laptop ini meliputi prosesor Intel Xeon E-2276M atau Intel Core i7-9750H, GPU NVIDIA Quadro RTX 5000 16GB GDDR6, RAM sampai 128GB SODIMM, dan kapasitas penyimpanan SSD PCIe NVMe Gen 3 sampai 4TB.

Layar LED 17 inci IPS-level-nya punya resolusi WUXGA (1920 x 1200) dengan rasio 16:10 dan memenuhi semua standar industri. Colokannya meliputi Thunderbolt 3 USB-C dengan Display Port 1.4, USB 3.1 Gen 2 Type-A, HDMI 2.0, slot SD 4.0 / UHS-II card, audio, LAN, dan Kensington lock. Lalu ada pula touchpad yang berupa ScreenPad, sensor sidik jari, dan audio dari Harman Kardon.

ProArt StudioBook Pro 17

proart studiobook pro 17

Walau tidak sedahsyat laptop sebelumnya, laptop ini juga tidak kalah tinggi spesifikasinya. Spesfisikasi laptop ASUS ProArt StudioBook 17 meliputi prosesor Intel Xeon E-2276M atau Intel Core i7-9750H, GPU NVIDIA Quadro RTX 3000 atau T1000 atau T2000, RAM sampai 32GB (max 64GB), dan kapasitas penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 sampai 1TB.

Kualitas layarnya relatif sama, yaitu LED 17 inci dengan resolusi WUXGA (1920 x 1200) dan rasio 16:10, juga memenuhi semua standar industri. Sedangkan colokan yang ada meliputi USB 3.2 Gen 1 Type-A, Thunderbolt 3 supports display, HDMI 2.0a, dan SD card reader. Pada beberapa seri ada NumPad pad touchpad-nya.

ProArt StudioBook One

Laptop satu ini tidak hanya powerful, tapi juga unik. Ya, karena motherboard-nya ada di balik layar (seperti komputer AIO). Itu sebabnya bagian belakang layar terbuka sedikit saat laptop dipakai.

Kemudian, ASUS ProArt StudioBook One juga merupakan laptop pertama dengan GPU NVIDIA Quadro RTX 6000 (24GB DDR6). Sedangkan prosesornya adalah Intel Core i9-9980HK, RAM-nya 64GB DDR4, dan penyimpanannya SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 1TB. Layar IPS-level panel-nya sebesar 15, 6 inci dengan resolusi 4K/UHD dan memenuhi semua standar industri.

ProArt StudioBook Pro 16 OLED

Dari sisi desain, laptop ini memang tidak seunik ProArt StudioBook One. Tapi ada inovasi tersendiri di sini. Laptop ASUS ProArt StudioBook Pro 16 OLED memiliki tuas ASUS Dial di sebelaj kiri atas touchpad. Lalu secara keseluruhan, desainnya mungkin yang paling elegan.

Di sisi spesifikasi, laptop ini juga tidak kalah sangar. Prosesornya menggunakan AMD Ryzen 5000 series atau Intel Core generasi 11. GPU-nya juga bervariasi, baik NVIDIA RTX A2000, RTX A5000, GeForce RTX 3060 atau RTX 3070.RAM-nya sampai 64GB, dan kapasitas penyimpanan SSD-nya sampai 4TB.

Lalu layarnya merupakan layar OLED 16 inci dengan resolusi 4K(3840 x 2400) dan rasio 16:10 dan memenuhi semua standar industri. Sementara colokannya meliputi: USB 3.2 Gen 2 Type-C (display/power/VR), USB 3.2 Gen 2 Type-A, Thunderbolt 4 (display/power), HDMI 2.1, audio, Ethernet, dan SD Express 7.0 card reader.


Sekedar catatan ada laptop ASUS ProArt StudioBook di atas yang tidak/belum beredar di Indonesia. Kalau kamu penasaran atau berminat, silakan kunjungi situs resmi ASUS.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.