Mengenal Panel Overdrive dan Cara Untuk Mengaktifkannya

Dalam panasnya pertempuran, gerakan yang jelas adalah suatu keharusan—karena musuh Anda mungkin hanya berada di depan mata Anda selama sepersekian detik. Jika Anda memiliki laptop ROG, fitur Panel Overdrive memastikan Anda melihat target dengan jelas, jadi sebaiknya Anda menyalakannya sekarang juga.

Di tengah – tengah pertempuran yang sengit, kecepatan dan keluwesan pergerakan adalah salah satu faktor yang menentukan, karena musuh kamu mungkin hanya akan kelihatan sepersekian detik saja di depan mata kamu. Nah, jika kamu memiliki laptop ROG, fitur Panel Overdrive memastikan kamu untuk melihat targetmu dengan jelas, tetapi bagaimana caranya untuk mengaktifkan fitur tersebut?

Bagaimana Response Time memengaruhi kualitas gambar dalam gerakan?

Untuk menjelaskan cara kerja Overdrive (dan mengapa kamu harus mengaktifkannya), pertama-tama kita perlu memahami konsep yang dikenal sebagai Response Time. Response Time adalah jumlah waktu yang diperlukan piksel di layar untuk berpindah dari satu shade ke shade lainnya—biasanya beberapa milidetik. Panel dengan waktu respons yang lambat akan menghasilkan bayangan saat adegan yang mempunyai gerakan cepat terjadi, terutama yang melibatkan pencahayaan tertentu. Jadi semisal kamu menodongkan senjata dalam game Call of Duty, kamu bakal melihat sebuah jejak-jejak blur di balik semua yang bergerak—memberi lawanmu kesempatan untuk menembak kamu bahkan sebelum kamu tahu di mana mereka berada.

Ajak Temanmu Jadi Content Creator, Menangkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Response Time tidak bisa disamakan dengan lag input, lag input menunjukkan jumlah waktu yang diperlukan sebelum ketikan kita ter-register di layar. Input lag ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk mouse dan keyboard, game yang kamu mainkan serta pengaturan-pengaturan lainnya. Nah, Response Time berpengaruh juga dengan Refresh Rate. Tampilan gambar tertentu mungkin memiliki karakteristik tampilan yang bergerak sangat cepat, sementara tampilan gambar lainnya mungkin bergerak lebih lambat (Well, relatif — mungkin perbedaannya tidak lebih dari beberapa milidetik). Nilai yang kamu lihat dalam spesifikasi tampilan biasanya bervariasi, tergantung pada Refresh Rate dan Frame rate yang kamu dapat. Untuk membuat konsep ini sederhana, semakin pendek response time, semakin baik kinerjannya- jadi tampilan dengan response time 3ms lebih baik daripada tampilan dengan response time 10ms.

Gas performa Panel ROG kamu ke gigi tertinggi dengan Overdrive

Tetapi perlu diingat, response time tidak mewakilkan keseluruhan cerita. Overdrive, seperti namanya, adalah fitur yang memungkinkan perangkat untuk “overdrive” liquid crystal untuk bergeser lebih cepat, memberikan response time yang lebih cepat pula. Hal ini dapat menghasilkan gerakan yang lebih halus dan lebih jelas dalam game dengan lebih sedikit keburaman. Semua ini pun menggunakan daya perangkat yang relative kecil.

Pada banyak monitor eksternal, pengaturan Overdrive dapat disetting dengan sliding scale, memungkinkan kamu untuk mengubah pengaturan sesuai dengan kemauan kamu sendiri. Di laptop ASUS, kami secara khusus men-setting implementasi Panel Overdrive tanpa harus kamu otak atik secara rumit, cukup diaktifkan saja di Armoury Crate.

Ini hanya didapat dari laptop-laptop ASUS, jadi meskipun misal laptop competitor menggunakan panel yang sama persis, mungkin saja untuk implementasi Overdrive mereka tidak maksimal – atau mungkin juga mereka tidak mempunyai fitur ini sama sekali.

Oleh karena itu, ROGers silahkan aktifkan Panel Overdrive di laptop gaming mu, dan rasakan pengalaman bertempur secara fluid serta bebas blur.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.