Setelah membuat konten berkualitas, hal berikutnya yang perlu lakukan adalah mengirim ke media sosial. Betul? Tahukah kalau kamu bisa membuat jadwal dan membuat posting media sosial secara otomatis dan sekaligus banyak?
Sebelum membahas lebih lanjut, kamu mungkin bertanya apa keuntungannya. Mari kita lihat.
Kamu sudah punya banyak konten—baik yang baru maupun yang lama. Follower-mu di media sosial juga bertambah banyak. Dengan menjadwal posting media sosial, kamu bisa mengirim ulang konten lama ke media sosial untuk follower baru.
Dengan cara ini, kamu juga tidak perlu bolak-balik memilih dan mengirim konten lama. Kamu bisa melakukannya beberapa bulan sekali (tergantung banyak konten yang kamu punya). Dengan begitu, kerjaanmu semakin ringan.
Lalu, dengan cara ini, profil media sosialmu bisa selalu aktif. Bahkan ketika kamu belum membuat konten baru. Sirkulasi tetap berjalan, kamu bisa merubah calon follower potensial menjadi pelanggan, dan kesempatan menjadi viral lebih tinggi.
Di sini kami memberi contoh dengan Hootsuite, salah satu aplikasi terbaik untuk mengatur kiriman media sosial.
Baca Artikel Selengkapnya
Analisa Media Sosial
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat statistik kiriman media sosial yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Catat waktu terbaik ketika kirimanmu mendapat jumlah view dan respon—Like, reaction, retweet, repost, dll—dari follower.
Di Hootsuite, kamu bisa melihatnya dengan klik Analytics di sidebar.
Pilih beberapa waktu terbaik. Pertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk mengirim ulang konten lama dan mana yang tepat untuk konten baru.
Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Membuat Jadwal Media Sosial
Ada beberapa hal penting ketika kamu mau membuat kiriman dan menjadwalnya. Apalagi kalau kiriman itu banyak dan otomatis.
- Jangan “membom” follower dengan kiriman terlalu banyak tiap hari.
- Jangan mengirim konten yang sama berulang-kali dalam waktu dekat.
Kalau kamu tidak hati-hati dan melakukan kedua hal di atas, follower dan media sosial bersangkutan bisa menganggapmu sebagai spam. Hal ini tentu akan merugikanmu. Kerja keras menjadi percuma.
Cara membuat jadwal kiriman media sosial sekaligus banyak
Hootsuite punya fitur yang disebut Bulk Composer. Alih-alih menggunakan bidang kiriman yang ada di aplikasi, kamu bisa mengunggah jadwal dalam format .CSV.
1. Buat tabel jadwal posting media sosial
Buka aplikasi pembuat tabel favoritmu. Kamu bisa menggunakan MS Excel, Google Sheet, dll. Bahkan Hootsuite menyebutkan kalau kamu bisa membuatnya dengan text editor.
Format tabel kiriman media sosial
Bulk Composer Hootsuite menggunakan tabel dengan tiga kolom di dalamnya.
- Kolom A adalah tanggal dan jam jadwal posting (format penulisan: mm/dd/yyyy hh:mm atau dd/mm/yyyy hh:mm),
- Kolom B adalah status kiriman,
- Kolom C adalah link ke konten milikmu (artikel blog, video YouTube, dll). Simpan dalam bentuk .CSV.
Kalau kamu bingung, kamu bisa unduh template tabel Bulk Composer dari Hootsuite.
2. Upload tabel
Setelah kamu membuat jadwal posting media sosial, sekarang saatnya mengunggahnya ke aplikasi Hootsuite.
- Buka aplikasi Hooutsuite.
- Klik Publisher di sidebar.
- Klik Bulk Composer di bawah kategori Content Sources.
- Klik Select File to Upload.
- Pilih berkas .CSV jadwal posting media sosial yang sudah kamu buat.
- Klik Open.
- Pilih media sosial yang akan melakukan jadwal tersebut.
- Kamu bisa memilih menyingkat alamat URL jadi ow.ly atau tidak. Kalau tidak ingin menyingkatnya, centang Do Not Shorten Links.
- Klik Review Messages.
3. Cek Jadwal dan Ubah Bila Perlu
Tidak ada salahnya melakukan cek ulang sebelum mengeksekusi jadwal kiriman media sosial. Kadangkala peralihan dari tabel ke Hootsuite memunculkan kesalahan eja atau sejenisnya. Lebih baik cek ulang daripada bikin malu.
Kamu juga bisa melihat bentuk kiriman dengan klik Preview di kanan atas. Kalau kamu mau, kamu juga bisa mengubah waktu kiriman, akun media sosial, dll.
4. Eksekusi Jadwal
Kalau semua sudah sesuai rencanamu, klik Schedule untuk implementasi satu persatu, atau Schedule All untuk menjadwal semuanya. Kamu juga bisa memilih kiriman, dan klik Schedule Selected.
Kamu bisa melihat jadwal yang akan membuat posting media sosial secara otomatis. Buka Publisher > Scheduled di Hootsuite. Kamu bisa melihatnya dalam bentuk daftar, berdasarkan hari, minggu atau bulan.
Sekarang kamu bisa fokus membuat konten baru, dan membiarkan konten lama tetap mendapat sirkulasi di berbagai media sosial secara otomatis. Asik kan?
Discussion about this post