Menjadi content creator itu bukan hanya soal kualitas konten saja, kamu juga harus tahu tips bikin bio Instagram yang menarik. Kenapa sih bio Instagram itu penting? Sebelum orang follow akun IG kamu, biasanya orang tersebut ingin memastikan dulu bahwa akun IG kamu bakal membagikan konten-konten yang mereka butuhkan.
Daftar Isi:
ToggleNah, dari mana mereka bisa tahu bahwa kamu akan membagikan konten-konten yang relevan dengan kebutuhan mereka? Salah satunya dari bio Instagram. Oleh karenanya, bio Instagram tidak bisa dianggap remeh karena ia menjadi salah satu penentu penting agar audiens mau loyal pada akun kamu.
Kalau kamu belum tahu caranya bikin bio Instagram yang bagus dan menarik, saya sudah membuatkan beberapa tips bikin bios Instagram yang eye catchy, terutama untuk para konten kreator. Jadi, kalau mau tahu tips bikin bio Instagram yang lengkap dan langsung mau dipraktikkan, silakan simak pembahasan di bawah ini, ya.
Baca Artikel SelengkapnyaKenapa Bio Instagram Penting untuk Konten Kreator?
Sebelum kita bahas soal tips bikin bio Instagram yang menarik, di sini saya akan jelaskan sekilas soal alasan kenapa kamu harus mulai memerhatikan bio di Instagram. Kenapa sih bio Instagram itu penting?
Membentuk First Impression yang Menarik
Bio adalah salah satu cara untuk menarik perhatian calon followers sebelum mereka benar-benar loyal dan klik follow ke akun kamu. Nah, ada yang menyebutkan bahwa sebelum orang follow akun seseorang di Instagram, mereka akan melihat dan membaca bio terlebih dahulu. Untuk itulah kamu perlu tips bikin bio Instagram yang menarik agar kamu bisa mendapatkan first impression terbaik.
Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan
Selain itu, bio di Instagram juga dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan followers terhadap akunmu. Bio di Instagram bisa dijadikan tempat untuk mencantumkan pencapaian, pengalaman, atau proyek-proyek yang pernah kamu lakukan. Jika audiens melihat semua pencapaian tersebut maka mereka akan merasa bahwa kamu benar-benar ahli di bidang tertentu.
Akun Lebih Mudah Ditemukan
Jika kamu mengoptimalkan penggunaan bio pada instagram dengan keyword yang relevan maka bio tersebut bisa membuat akun kamu lebih mudah ditemukan oleh orang yang mencari topik tertentu sesuai keyword yang kamu cantumkan di bio. Oleh karenanya, pastikan bio kamu menggambarkan isi dan konsep dari akun IG kamu, ya.
Audiens Lebih Spesifik dan Tertarget
Selain itu, bio Instagram juga bisa menjadi indikator bahwa kamu menargetkan audiens yang spesifik. Misalnya, kamu seorang content creator khusus bahas laptop ASUS maka audiens yang akan follow kamu pastilah orang yang butuh pembahasan laptop dan teknologi. Dengan audiens yang spesifik seperti ini maka kamu lebih mudah menentukan gaya bahasa, gaya visual desain, dan lainnya.
Tips Bikin Bio Instagram untuk Content Creator
Nah, kalau sudah tahu alasan kenapa harus bikin bio IG yang menarik, sekarang kita lanjutkan, yuk, ke pembahasan inti soal tips bikin bio Instagram untuk content creator! Tips bikin bio Instagram untuk content creator ini mudah dipraktikkan kok.
Singkat, Jelas, dan Padat
Tips bikin bio Instagram yang pertama adalah, pastikan kamu membuat atau menulis bio secara singkat, jelas, dan padat. Perlu kamu ketahui bahwa bio di Instagram memiliki batasan maksimal 150 karakter sehingg kamu harus dapat memaksimalkan 150 karakter tersebut dengan menulis beberapa hal di bawah ini:
- Langsung ke Poin Utama: Sampaikan hal yang paling penting, seperti niche kontenmu atau skill yang kamu miliki.
- Hindari Frasa Panjang: Gunakan kata-kata pendek yang kuat dan mudah dipahami.
Contoh: Jika kamu seorang travel photographer, cukup tulis “Exploring the world, one photo at a time 🌍📷” — ringkas, tetapi langsung memberikan kesan yang kuat.
Gunakan Kata Kunci yang Relevan
Salah satu tips bikin bio Instagram yang tak kalah penting adalah kamu tidak boleh melewatkan kata kunci. Nah, kata kunci ini juga harus relevan dengan niche yang kamu geluti. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kehadiran keyword ini bakal membuat akun kamu lebih mudah ditemukan oleh calon followers yang memiliki minat terhadap niche yang kamu garap.
Optimalkan Fitur ‘Link in Bio’
Meski memang bio di Instagram itu hanya membatasi maksimal hingga 150 karakter saja, namun sebenarnya kamu masih bisa memanfaatkn fitur-fitur yang ada di bio. Nah, salah satu fitur bio IG yang paling efektif adalah Link in Bio. Untuk itu, tips bikin bio Instagram berikutnya adalah, pastikan kamu menyertakan link apapun itu, bisa berupa link akun YouTube, blog, toko online, akun sosmed selain IG, atau yang lainnya.
Gunakan Gaya Bahasa Sesuai Personal Brand
Tips bikin bio Instagram selanjutnya adalah soal gaya bahasa. Jangan remehkan soal gaya bahasa, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap personal branding yang mau kamu tampilkan di sosmed. Nah, gaya bahasa ini bukan hanya sekedar tulisan huruf, ya, tapi juga termasuk penggunaan emoji dan bagaimana cara kamu menyampaikan pesan di bio. Saran saya adalah:
- Sesuaikan dengan Branding: Jika kamu suka humor, tampilkan gaya humor dalam bio. Jika lebih profesional, gunakan kata-kata yang pas dan biasanya lebih formal.
- Gunakan Emoji: Emoji bisa menambahkan keunikan tersendiri pada bio, tapi jangan terlalu banyak, ya. Pilih emoji yang relevan dan memperkuat pesan kamu, bukan yang mengaburkan makna.
Contoh: Bio untuk travel blogger bisa seperti, “🌎 Wanderluster | 📸 Capturing Memories | Living for the adventure.” Bio ini memberi kesan bahwa kamu memang seseorang yang memiliki jiwa petualang.
Tambahkan Call-to-Action (CTA) yang Jelas
Jangan lupakan CTA sebagai salah satu tips bikin bio Instagram yang efektif. Jangan ragu untuk membuat kalimat ajakan, misalnya mengajak audiens untuk subscribe atau cek video tertentu. Namun, selain berupa kalimat ajakan, kamu juga bisa membuat CTA berupa tombol khusus, seperti “Hubungi,” “Pesan,” atau “Lihat Toko,” yang bisa langsung diakses pengunjung tanpa menggunakan karakter di bio.
Cantumkan Informasi Kontak
BKalau kamu seorang content creator yang juga berharap mendapatkan tawaran kerjasama alias endorse dari brand maka tips bikin bio Instagram satu ini tidak boleh terlewat! Informasi kontak adalah elemen penting agar brand dapat menghubungi kamu dengan mudah. Nah, kamu bisa manfaatkan fitur kontak yang ada bio Instagram untuk mencatumkan email, nomor telepon, bahkan alamat.
Manfaatkan Hahstag Khusus Sesuai Branding
Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa manfaatkan hashtag khusus di bio sesuai dengan branding yang ingin kamu tampilkan. Misalnya, jika kamu sering mengadakan challenge atau mengumpulkan user-generated content (UGC), tambahkan hashtag khusus agar audiens mudah berinteraksi denganmu. Nah, hashtag khusus ini bisa memudahkan audiens untuk melihat hasil karya mereka sendiri yang kamu repost, sehingga membuat mereka merasa dihargai.
Rutin Perbarui Bio
Tips terakhir dari saya, pastikan kamu selalu update bio secara berkala. Bio yang up to date bakal dipandang bahwa kamu memang aktif dan selalu berkembang untuk menambah atau inovasi baru. Sesekali, cek statistik bio untuk melihat berapa banyak yang mengklik link atau menghubungi lewat bio. Jika engagement kurang, mungkin perlu beberapa penyesuaian.
Kira-kira begitu saja berbagai kiat-kiat dalam membuat bio Instagram yang tepat dan efektif untuk para konten kreator. Nah, kamu juga bisa menambahkan tips lainnya lewat kolom komentar, atau boleh bertanya apapun seputar konten kreator di kolom komentar yang sudah disediakan, ya. Semoga membantu!
Discussion about this post