tujuan digital marketing

Ini Dia Tujuan Digital Marketing Dan Cara Mencapainya

Digital marketing tidak hanya sekadar memanfaatkan teknologi digital saja. Tujuan digital marketing adalah apa yang ingin dicapai oleh bisnis melalui strategi pemasaran digital.

Ada banyak tujuan digital marketing yang dapat dipilih sesuai dengan sasarannya, misalnya meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan omset penjualan, mencapai tujuan merek, mengurangi biaya promosi atau distribusi, meningkatkan jumlah database pelanggan, dan lain-lain.

tujuan digital marketing

Tujuan Digital Marketing

Berikut ini adalah sedikit daei beberapa tujuan digital marketing yang sudah Zencreator rangkum beserta cara mencapainya:

Meningkatkan pangsa pasar

Tujuan digital marketing  ini bertujuan untuk menarik lebih banyak orang untuk tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

Cara mencapai tujuan ini adalah dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen potensial. Selanjutnya, bisnis dapat menentukan segmentasi pasar yang sesuai dengan karakteristik konsumen tersebut.

Setelah segmentasi pasar dilakukan, bisnis dapat memilih saluran komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada konsumen potensial tersebut.

Misalnya, jika konsumen potensial tersebut lebih aktif di media sosial daripada email atau website, maka bisnis dapat menggunakan media sosial sebagai saluran komunikasi utama.

Selain itu, bisnis juga dapat melakukan konten pemasaran yang relevan dan bermanfaat bagi konsumen potensial tersebut.

Konten pemasaran dapat berupa artikel blog, video tutorial, infografis, podcast, webinar, ebook, dan lain-lain. Konten pemasaran harus mampu memberikan informasi yang akurat dan menarik tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

Dengan melakukan konten pemasaran secara konsisten dan profesional di media sosial atau platform lainnya, bisnis dapat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), reputasi (brand reputation), dan loyalitas (brand loyalty) dari konsumen potensial tersebut.

tujuan digital marketing
Blue dartboard as business target on red background. Business success and Challenge concept. 3D illustration rendering

Meningkatkan omset penjualan

Tujuan digital marketing yang ini adalah untuk meningkatkan jumlah pembelian produk atau layanan dari konsumen potensial tersebut menjadi konsumen nyata. Cara mencapai tujuan ini adalah dengan melakukan proses penjualan (sales process) yang efektif dan persuasif.

Proses penjualan meliputi tahapan-tahapan seperti prospek (lead generation), prospek (lead qualification), prospek (lead nurturing), prospek (lead conversion), prospek (customer retention), dan prospek (customer referral). Setiap tahapan memiliki fungsi dan strategi tersendiri untuk menghasilkan hasil terbaik.

Salah satu strategi penting dalam proses penjualan adalah menggunakan teknik-teknik seperti cold calling (menelepon tanpa izin), email marketing (menyampaikan email promosi), social selling (menjual melalui media sosial)

Ada juga content selling (menjual melalui konten informatif), referral selling (menjual melalui rekomendasi dari pelanggan lama), upselling (menjual produk atau layanan tambahan), cross-selling (menjual produk atau layanan berkaitan)

Kemudian ada bundling (menyediakan paket produk atau layanan bersamaan), discounting (memberikan diskon harga), free trial (memberikan uji coba gratis), free shipping (memberikan pengiriman gratis), (gratis gift card) (memberikan kartu hadiah gratis), dan lain-lain.

Teknik-teknik tersebut dapat membantu bisnis untuk meningkatkan minat, kepercayaan, dan kepuasan konsumen potensial tersebut terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

Dengan demikian, bisnis dapat meningkatkan peluang konversi dari konsumen potensial menjadi konsumen nyata.

Selain itu, bisnis juga dapat melakukan optimasi website atau landing page yang digunakan untuk menampilkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Optimasi website atau landing page dapat meliputi aspek-aspek seperti desain, navigasi, konten, kecepatan, keamanan, dan lain-lain.

Optimasi website atau landing page bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dan keterlibatan pengguna (user engagement) dari konsumen potensial tersebut.

tujuan digital marketing

Dengan demikian, bisnis dapat meningkatkan tingkat kunjungan (traffic), tingkat tayang (impression), tingkat klik (click), tingkat tindakan (action), dan tingkat penjualan (conversion) dari website atau landing page tersebut.

Mencapai tujuan merek

Ini adalah salah satu tujuan digital marketing dengan goal untuk meningkatkan nilai dan citra merek (brand value and image) dari bisnis di mata konsumen potensial dan nyata.

Cara mencapai tujuan digital marketing ini adalah dengan melakukan branding yang konsisten dan profesional di semua saluran komunikasi yang digunakan oleh bisnis.

Branding adalah proses pembentukan identitas dan kepribadian merek (brand identity and personality) yang dapat membedakan bisnis dari pesaingnya. Branding meliputi elemen-elemen seperti nama, logo, slogan, warna, font, suara, musik, dan lain-lain.

Branding harus mampu mencerminkan visi, misi, nilai, dan keunggulan bisnis secara jelas dan menarik. Branding juga harus mampu menimbulkan emosi positif dan loyalitas dari konsumen potensial dan nyata terhadap merek tersebut.

Salah satu strategi penting dalam branding adalah menggunakan media sosial sebagai alat untuk membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan konsumen potensial dan nyata.

Media sosial dapat digunakan untuk berinteraksi, berbagi, mendengarkan, memberi masukan, memberi apresiasi, memberi solusi, dan lain-lain.

Itulah beberapa tujuan digital marketing dan cara-cara untuk mencapainya. Dengan tahu tujuan digital marketing, kamu bisa lebih cerdas dalam mengelola bisnismu atau orang lain dengan memanfaatkan internet.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.