Bagaimana Cara Upgrade SSD Pada ROG Flow Z13?

ROG Flow Z13 berdimensi kecil, namun memiliki keserbagunaan yang luar biasa—belum lagi jika berbicara performa yang terdapat dalam si ROG mungil ini. Namun semakin banyak kamu menginstall game dan data-data, semakin banyak pula penyimpanan yang terisi, dan lambat laun SSD yang dulu tampak lega memerlukan lebih banyak ruang untuk keperluan game kamu.

Meskipun seri Flow dibuat se-compact mungkin, tim desain ASUS masih menemukan cara untuk membuat storage dapat diupgrade. Sebenarnya, kamu mempunyai dua opsi untuk menambahkan storage ke Flow Z13mu: bisa dengan MicroSD Card atau menukar SSD baru.

Menambahkan kartu microSD adalah cara termudah untuk menambahkan lebih banyak penyimpanan ke tablet gaming kamu—cukup beli microSD, dan masukkan ke dalam slot yang terletak di bawah penyangga di sebelah kiri belakang. Sebaiknya jangan menyimpan game AAA kamu di microSD, gunakan untuk file jenis lain seperti film, musik, dan foto. Jadi, jika memori dari SSD kamu sudah mulai penuh dengan lusinan film 4K, kamu cukup mencolokkan kartu microSD 512GB, pindahkan file-file kamu ke dalam microSD dan BOOM!—kamu sekarang memiliki lebih banyak ruang di SSD untuk game-gamemu.

Ajak Temanmu Jadi Content Creator, Menangkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Tetapi jika kartu MicroSD tidak muat juga, nah kamu dapat dengan mudah menukar SSD baru. Bahkan, kamu tidak perlu membuka keseluruhan laptop kamu, yang kamu butuhkan hanyalah obeng dan waktu beberapa menit saja.

Langkah Pertama: Siapkan Peralatan

Selain obeng, kamu juga memerlukan SSD yang kompatibel. Flow Z13 menggunakan SSD ukuran “2230” M.2 NVMe yang ukurannya lebih kecil daripada model-model biasa, jadi kamu harus memastikan bahwa kamu membeli ukuran yang tepat. Selain itu, karena hanya ada satu slot M.2 di slot mesin utama, kamu harus membackup data terlebih dahulu, memasukkan SSD baru ke dalam enclosure USB M.2 NVMe PCIe, dan mengkloning instalasi Windows Z13 yang ada ke yang baru.

Jika ragu, periksa halaman produk perangkat Anda di rog.asus.com untuk informasi lebih lanjut tentang jenis penyimpanan yang didukungnya, atau minta rekomendasi dari perwakilan di pengecer favorit Anda.

Langkah kedua: buka kompartemen penyimpanan

Foto kompartemen penyimpanan M.2 pada Flow Z13, dibuka dengan obeng:

Dengan obeng dan SSD yang baru dikloning, kemudian masukkan SSDnya ke Z13. Untuk memulai, buka penyangga dan lepaskan sekrup tunggal di sudut kanan bawah, pada panel berlabel “M.2”.

Lepaskan penutup M.2 untuk membuka SSD di bawahnya. Kamu harus melepas sekrup kedua yang menyanggah drive di tempatnya.

Langkah ketiga: tukar drive Anda

Foto tangan melepas SSD dari tablet Flow Z13.

Setelah membuka sekrup M.2, kamu dapat melepas SSD dari slotnya. Goyangkan sedikit dan geser ke belakang (menuju tepi tablet).

Setelah dilepas, masukkan SSD baru, dan kembalikan sekrup dan penutup ke tempat yang seharusnya.

Langkah empat: Lanjut Download Game Lagi!

Hanya itu yang diperlukan! Boot Flow Z13 Anda dan buka Windows Explorer untuk memeriksa ulang apakah drive C: kamu sudah menunjukkan jumlah penyimpanan yang benar. Jika jumlah penyimpanan tidak terlihat benar, kamu mungkin perlu mencoba mengkloning drive lagi, pastikan untuk memperpanjang drive C: untuk mengambil semua ruang yang tersedia di SSD baru. Setelah memastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan untuk membuka Gamepass atau Steam kamu, ini saatnya download banyak game lagi!

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.