Sudah dibahas sebelumnya dalma artikel 7 Hal Algoritma Sosial Media yang Perlu Diketahui Content Creator, bahwa algoritma ini sangat penting dan memang content creator harus bersahabat dengan algoritma. Tapi, bagaimana cara kerja algoritma Instagram terbaru saat ini? Kenapa sih harus tahu cara kerja algoritma Instagram?
Daftar Isi:
ToggleNah, semua pertanyaan itu sebenarnya akan terjawab dengan detail dan lengkap melalui artikel berikut ini. Perlu diketahui bahwa cara kerja algoritma Instagram ini penting karena akan memengaruhi jangkauan audiens sehingga konten yang kamu buat dan posting akan terlihat serta bisa menarik interkasi dengan audiens. Tapi masalahnya adalah, cara kerja algoritma Instagram sering berubah, oleh karenanya kamu perlu baca artikel ini sampai tuntas, ya!
Baca Artikel SelengkapnyaCara Kerja Algoritma Instagram
Sebagai seorang content creator, memahami cara kerja algoritma Instagram menjadi kunci penting untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi kontenmu. Instagram terus memperbarui algoritmanya agar pengguna dapat melihat konten yang paling relevan bagi mereka.
Namun, algoritma ini sebenarnya lebih kompleks dari sekadar satu sistem, melainkan terdiri dari beberapa algoritma dan proses yang dirancang untuk berbagai bagian platform, seperti Feed, Stories, Explore, dan Reels.
Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan secara rinci cara kerja algoritma Instagram dari empat fitur utamanya (Feed, Stories, Explore, dan Reels), faktor-faktor yang memengaruhinya, dan tips efektif agar kamu bisa memanfaatkannya sebagai seorang content creator.
Algoritma Instagram Feed

Pembahasan cara kerja algoritma Instagram yang pertama tentu adalah Feed. Feed merupakan tempat pertama yang dilihat pengguna ketika mereka membuka aplikasi Instagram. Konten yang ada di Feed terdiri dari postingan konten dari akun yang kamu follow, konten rekomendasi dari akun baru, dan iklan. Nah, ada beberapa faktor utama yang harus kamu perhatikan dalam algoritma Feed ini, yaitu:
Faktor Utama yang Dipertimbangkan Algoritma Feed:
- Aktivitas Pengguna: Postingan yang sering kamu sukai, simpan, bagikan, atau komentari akan lebih sering muncul di Feed.
- Informasi Tentang Postingan:
- Seberapa populer postingan tersebut (jumlah like, komentar, atau save).
- Waktu posting dan di mana postingan tersebut diupload.
- Interaksi Sebelumnya dengan Pengunggah: Jika kamu sering berinteraksi dengan akun tertentu, postingannya akan lebih sering muncul.
- Prediksi Interaksi: Instagram memprediksi apakah kamu akan menghabiskan waktu untuk melihat, menyukai, atau mengomentari sebuah postingan.
Cara Memaksimalkan Feed:
Meski kamu sudah mengetahui beberapa faktor intinya, tetapi ada beberapa tips juga untuk memaksimalkan konten di feed Instagram, yaitu dengan cara:
- Buat konten menarik yang mendorong interaksi, seperti ajakan untuk berkomentar.
- Gunakan lokasi pada setiap postingan untuk meningkatkan jangkauan lokal atau jangkauan sesuai dengan lokasi yang kamu tag.
Algoritma Instagram Stories

Terkadang beberapa orang lebih suka menggunakan Stories Instagram dibandingkan Feed. Namun, Stories ini juga ternyata tidak bisa sembarang update karena ada cara kerja algoritma Stories yang perlu kamu tahu. Nah, Stories sendiri berada di bagian atas layar utama aplikasi. Algoritma Stories dirancang untuk menampilkan konten dari teman dekat atau akun yang sering berinteraksi dengan kamu. Sama seperti Feed, ada beberapa faktor penting yang memengaruhi Stories, yaitu:
Faktor yang Mempengaruhi Algoritma Stories:
- Riwayat / History Melihat Stories: Jika kamu sering melihat Stories dari akun tertentu, akun tersebut akan lebih sering muncul di urutan atas.
- Interaksi Stories: Reaksi atau tanggapan langsung pada Stories sangat memengaruhi algoritma.
- Kedekatan Hubungan: Stories dari teman atau keluarga biasanya mendapat prioritas lebih tinggi.
Tips untuk Stories:
Nah, dengan cara kerja algoritma Instagram Stories ini maka kamu bisa juga untuk memaksimalkan konten dalam stories dengan melakukan beberapa tips berikut ini:
- Gunakan stiker interaktif seperti poll, pertanyaan, atau slider untuk meningkatkan interaksi.
- Bagikan ulang atau repost postingan dari Feed ke Stories untuk menjangkau lebih banyak audiens.
Algoritma Instagram Explore

Jangan remehkan Explore di Instagram karena ternyata ada cara kerja algoritma Instagram Explore yang akan memengaruhi jangkauan konten kamu. Bagian Explore dirancang untuk membantu pengguna menemukan konten baru. Sebagai seorang content creator, ini adalah peluang besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Intinya adalah, bagaimana caranya konten kamu terlihat di Explore sehingga orang yang belum follow kamu akan tertarik melihat kontenmu dan akhirnya follow akun kamu.
Faktor Utama di Explore:
- Informasi tentang Postingan: Seberapa cepat postingan mendapatkan interaksi menjadi indikator penting dalam cara kerja algoritma Instagram.
- Riwayat Aktivitas Pengguna di Explore: Algoritma menganalisis postingan yang kamu sukai, simpan, atau komentari sebelumnya.
- Interaksi dengan Pengunggah: Jika kamu pernah berinteraksi dengan akun tertentu, postingannya lebih mungkin muncul di Explore.
- Popularitas Pengunggah: Akun yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi lebih sering muncul dalam Explore.
Strategi untuk Memanfaatkan Explore:
- Gunakan hashtag yang relevan dengan kontenmu.
- Pastikan konten kamu menarik secara visual untuk memikat perhatian dalam format grid Explore.
Algoritma Instagram Reels

Bisa dibilang Reels ini adalah salah satu fiturnya anak emas di Instagram, dan bahkan cara kerja algoritma Instagram Reels sering berubah tapi lebih mudah untuk mendapatkan jangkauan audiens. Reels menjadi pusat perhatian Instagram, dirancang untuk hiburan dan menjangkau audiens baru. Video pendek ini lebih banyak disukai oleh algoritma karena sifatnya yang interaktif dan mudah dibagikan.
Faktor yang Dipertimbangkan di Reels:
- Aktivitas Pengguna: Algoritma melihat video yang sering kamu tonton, sukai, atau bagikan.
- Informasi Reels: Lagu, tema, atau tren tertentu dalam video Reels sangat berpengaruh besar terhadap viralitas serta jangkauan audiens.
- Popularitas dan Interaksi Akun: Akun yang sering menarik perhatian lebih berpeluang masuk dalam Reels orang lain.
Cara Sukses di Reels:
- Gunakan musik yang sedang tren. Untuk cara memilih lagu yang tepat di Reels, kamu bisa baca artikel ini: 5 Cara Memilih Musik Reels Instagram, Bisa Langsung Trending!
- Ciptakan konten yang lucu, informatif, atau inspiratif untuk meningkatkan potensi share.
Jadi, sekarang kamu jangan remehkan lagi cara kerja algoritma Instagram, ya. Pasalnya, algoritma ini sangat penting untuk kamu meningkatkan jangkauan audiens sehingga kamu bisa lebih populer lagi di Instagram, bahkan bisa menambah followers juga lho. Yuk, saatnya pahami cara kerja algoritma di Instagram untuk konten strategi yang leb
Discussion about this post