Twitter atau X kini bukan hanya untuk bersosial media. Dengan Twitter kamu bisa melakukan marketing sekaligus memantau progress marketingnya lewat cara membaca Twitter Analytics.
Daftar Isi:
ToggleSedikit informasi, Twitter Analytics ini adalh fitur yang membantu pengguna X atau Twitter untuk melihat perkembangan atau progress setiap tweet atau akun yang sedang dikelola.
Dengan Twitter Analytics, kamu bisa mengetahui sejauh mana akun atau tweet yang kamu bangun menjangkau audiens dan berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis atau branding-mu.
Tapi, sebelum itu, mungkin beberapa di antara kamu masih ada yang bingung dengan cara kerja dan cara membaca Twitter Analytics. Jangan khawatir, di sini kami akan jelaskan secara mudah tentang cara membaca Twitter Analytics bagi pemula. Silakan disimak!
Baca Artikel SelengkapnyaFungsi dan Definisi Twitter Analytics
Sebagai pengguna Twitter, khususnya jika kamu adalah seorang content creator atau marketer maka perlu memahami cara membaca Twitter Analytics. Twitter Analytics hadir sebagai alat yang dapat membantumu untuk mencapai tujuan membangun branding atau untuk marketing. Jadi, apa itu Twitter Analytics?
Definisi Twitter Analytics
Twitter Analytics adalah sebuah alat yang disediakan oleh Twitter untuk membantu penggunanya memahami performa dari konten yang mereka bagikan di platform tersebut.
Dengan menggunakan Twitter Analytics, kamu bisa mendapatkan informasi yang mendetail tentang bagaimana audiens berinteraksi dengan tweet-tweet kamu. Bahkan, kamu juga bisa mengetahui progresnya yang akan sangat berguna untuk langkah selanjutnya dalam marketing.
Fungsi Utama Twitter Analytics
Lalu, apa fungsi dari Twitter Analytics? Bisa dibilang cukup banyak fungsinya, jadi sebelum kamu tahu cara membaca Twitter Analytics ketahui dulu fungsi dari Twitter Analytics berikut:
- Twitter Analytics memberikan data tentang seberapa banyak orang yang melihat, menyukai, me-retweet, dan membalas tweet kamu. Data ini membantu kamu untuk memahami jenis konten apa yang paling efektif dan diminati oleh audiens.
- Alat ini bisa digunakan untuk melihat tingkat keterlibatan audiens, seperti jumlah klik pada link, jumlah tayangan video, dan interaksi lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seberapa efektif konten kamu dalam menarik perhatian dan aksi dari audiens.
- Twitter Analytics menyediakan informasi tentang demografi audiens kamu, termasuk lokasi, jenis kelamin, dan minat mereka. Informasi ini sangat berguna untuk menyesuaikan strategi konten agar lebih relevan dengan target audiens.
- Kamu bisa melihat data tentang pertumbuhan jumlah followers, jumlah orang yang meng-unfollow kamu, dan lainnya sehingga bisa membantu kamu untuk memahami perkembangan akun dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
- Jika kamu sedang melakukan campaign promosi atau iklan di Twitter, alat ini memberikan laporan rinci tentang kinerja kampanye tersebut. Kamu bisa melihat metrik seperti CPM (Cost Per Thousand Impressions), CPC (Cost Per Click), dan CTR (Click Through Rate) untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye.
Jadi, bisa dibilang jika kamu memahami cara membaca Twitter Analytics maka akan sangat membantu kamu untuk melihat perkembangan akun atau tweet bahkan campaign yang sedang kamu jalankan.
Cara Akses Twitter Analytics
Nah, sebelum kamu tahu cara membaca Twitter Analytics, kamu perlu tahu dulu mengakses Twitter Analytics. Untuk mengakses Twitter Analytics ini tidak bisa di aplikasi Twitter, jadi kamu harus masuk ke halaman resmi Twitter Analytics yang disediakan oleh pihak X atau Twitter. Begini caranya:
- Pertama kamu buka Twitter, lalu login akun Twitter yang mau kamu analisis.
- Setelah itu kamu buka web browser, langsung kunjungi https://analytics.twitter.com/about.
- Jika sudah, kamu langsung klik Sign in with X.
Selesai, kamu sekarang sudah siap untuk melihat bahkan coba tutorial cara membaca Twitter Analytics. Gampang, kan?
Cara Membaca Twitter Analytics
Setelah mengakses Twitter Analytics, kamu akan melihat dashboard yang memberikan ringkasan informasi dalam periode waktu 28 hari. Kamu bisa menyesuaikan periode waktu ini sesuai kebutuhan.
Oke, yang paling penting dalam cara membaca Twitter Analytics adalah dashboard. Nah, dalam dashboard ini ada dua cara membaca Twitter Analytics, yaitu halaman Home dan halaman Tweet. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:
Halaman Home:
- Tweets: Memberikan informasi berapa banyak tweet yang kamu hasilkan dalam periode tertentu.
- Tweets Impression: Menunjukkan berapa banyak tweet kamu dilihat oleh pengguna Twitter di beranda/home dalam periode waktu tertentu. Semakin besar angkanya, berarti perkembangan akunnya pun makin baik.
- Profile Visits: Menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi halaman profil kamu. Semakin besar angkanya, semakin banyak orang yang penasaran dengan akun Twitter kamu.
- Followers: Menunjukkan jumlah followers kamu selama periode waktu tertentu.
Halaman Tweets:
- Top Tweets: Menunjukkan tweet yang memiliki impression, engagement, dan engagement rate tertinggi selama periode tertentu.
- Tweets and Replies: Menampilkan analisis tweet yang mendapatkan balasan dari orang lain, diukur lewat engagement dan engagement rate.
- Promoted: Menunjukkan analytics untuk tweet berbayar. Untuk bisa melihat ini, kamu perlu mendaftar lewat Twitter Ads untuk melakukan promosi di Twitter.
- Engagement: Menunjukkan seberapa banyak balasan dari tweet yang kamu buat. Jika ada satu tweet yang membalas tweet kamu, engagement dihitung satu.
- Engagement Rate: Menunjukkan persentase berapa banyak engagement dari impresi yang dihasilkan. Semakin tinggi engagement rate-nya, semakin bagus nilainya.
- Link Clicks: Menunjukkan berapa kali link yang kamu cantumkan diklik oleh pengguna Twitter lain.
Tools Tambahan Selain Twitter Analytics
Jika kamu hanya mengelola satu akun Twitter, Twitter Analytics sudah cukup untuk mengetahui seberapa efektif tweet-tweet yang kamu buat. Namun, jika kamu mengelola banyak media sosial, kamu mungkin membutuhkan tools yang bisa merangkum semua analytics dari berbagai platform media sosial.
Nah, salah satu tools tambahan yang bagus untuk melihat analisis perkembangan semua akun Twitter kamu adalah NoLimit Dashboard. Ada dua hal yang bisa kamu dapatkan dari tools ini, yaitu:
- Pengambilan Data: Kamu bisa mendapatkan data analisis lewat akun, hashtag, atau keyword yang ingin kamu analisis.
- Kemudahan Akses: Kamu tidak perlu repot login dan verifikasi, cukup dengan menautkan username akun Twitter atau media sosial lainnya di NoLimit Dashboard.
NoLimit Dashboard lebih cocok untuk yang handle lebih dari satu akun Twitter atau X. Sedangkan Twitter Analytics lebih cocok untuk menganalisis satu akun Twitter atau X saja. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhanmu, ya.
Solusi Tidak Bisa Akses Twitter Analytics
Meski memang cara membaca Twitter Analytics ini terkesan mudah, namun kadang beberapa orang kesulitan untuk mengakses Twitter Analytics. Jadi, bagaimana cara membaca Twitter Analytics kalau tidak bisa mengaksesnya?
- Hal pertama untuk bisa mengakses Twitter Analytics adalah pastikan kamu sudah login ke akun Twitter milikmu dan membuka laman Twitter Analytics yang sudah kami beritahu sebelumnya.
- Kedua, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur analitik di akun Twitter kamu.
Jika dua hal ini masih belum menyelesaikan permasalahanmu sehingga kamu tidak bisa mengikuti cara membaca Twitter Analytics, coba perhatikan juga beberapa persyaratan berikut.
Persyaratan Akun untuk Akses Twitter Analytics
Ada beberapa persyaratan untuk bisa mengakses sekaligus cara membaca Twitter Analytics. Nah, tiga persyaratan ini harus kamu penuhi, seperti:
- Akun Twitter atau X harus menggunakan salah satu bahasa berikut: Arab, Belanda, Denmark, Filipina, Finlandia, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Korea, Norwegia, Portugis Brasil, Prancis, Rusia, Tionghoa Modern, Spanyol, Swedia, Thailand, Tionghoa Tradisional, atau Turki.
- Akun kamu harus telah aktif dan digunakan selama minimal 14 hari.
- Akun kamu tidak boleh melanggar kebijakan Twitter. Pastikan akun kamu tidak dihapus, dibatasi, atau ditangguhkan.
Solusi Mengatasi Masalah Akses Twitter Analytics
Namun, jika kamu sudah memenuhi persyaratan di atas tapi tetap tidak bisa mengakses Twitter Analytics, cobalah beberapa solusi berikut ini agar kamu bisa tetap melihat analisis Twitter:
- Pastikan akun kamu tidak sedang dibatasi atau ditangguhkan oleh Twitter. Kamu bisa memeriksa email atau notifikasi di Twitter untuk mengetahui apakah ada masalah dengan akun kamu.
- Periksa pengaturan bahasa di akun Twitter kamu. Pastikan bahasa utama yang digunakan termasuk dalam daftar yang didukung oleh Twitter Analytics.
- Kadang-kadang masalah teknis bisa terjadi karena browser atau HP kamu bermasalah. Cobalah mengakses Twitter Analytics dari HP, PC, atau browser lain.
- Bersihkan cache dan cookies di browser kamu, kemudian coba lagi untuk mengakses Twitter Analytics.
- Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kamu bisa menghubungi dukungan Twitter untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Kesimpulan
Nah, kira-kira seperti itulah pembahasan kita kali ini soal Twitter Analytics. Jadi, kalau kamu mau serius untuk menjadi content creator atau marketing di Twitter maka tools Twitter Analytics ini harus kamu manfaatkan secara maksimal.
Cara membaca analisisnya pun cenderung sangat mudah dan simple. Jika pun ada masalah karena kamu tidak bisa mengaksesnya maka bisa coba beberapa solusi yang kami berikan. Punya pengalaman soal Twitter Analytics? Coba tuliskan di kolom komentar!
Discussion about this post