ASUS Vivoboon Pro 14X

Opini: Fitur Aplikasi MyASUS Asik, Tapi Bisa Lebih Praktis Lagi

Kalau kamu memakai laptop ASUS, kamu pasti tahu kalau aplikasi MyASUS punya banyak fitur berguna. Kamu bisa mengatur berbagai setelan laptop, bisa memantau kondisi laptop, bisa transfer file ke ponsel, bahkan bisa memakai kamera ponsel jadi webcam. Namun, walau sudah puas dengan fitur tersebut, saya pikir penerapannya bisa lebih praktis lagi.

Mungkin ada di antara kamu yang belum bisa membayangkan apa yang saya maksudkan. Begini penjelasannya.

Fitur Setelan MyASUS

Aplikasi MyASUS memiliki beberapa fitur setelan yang sangat berguna. Seperti mode baterai dan profil kipas (fan).

Pada mode baterai kamu bisa memilih apakah laptop akan mengisi:

  • Full Capacity mode (100%), sesuai jika kamu mau melakukan perjalanan.
  • Balanced mode (80%), jika kamu butuh power lebih tapi ingin menjaga kondisi baterai.
  • Maximum lifespan mode (60%), jika kamu memakai laptop dengan performa tinggi untuk waktu lama (misalnya melakukan konferensi video atau main game).

Begitupun untuk kipas. Kamu bisa mengatur kipas dengan profil:

  • Dynamic (kipas akan bekerja penuh, bisa agak berisik)
  • Whisper (kipas berputar lebih tenang)
fitur setelan baterai dan kipas myasus

Untuk bisa melakukan pilihan setelan tersebut, kamu harus membuka aplikasi MyASUS. Hm, tentu bukan masalah ya? Nah, justru di sinilah yang menurut saya bisa lebih praktis lagi.

Setelan yang Lebih Praktis

Pada beberapa laptop tertentu, misalnya Zenbook Pro Duo, terdapat tombol keyboard khusus untuk pengaturan kipas. Dengan tombol itu, saya bisa dengan mudah berganti profil hanya sekali pencet, tanpa perlu membuka aplikasi MyASUS. Praktis kan?

Nah, saya harap ada akses setelan yang lebih praktis yang hadir secara standar di laptop ASUS.

Entah apakah Microsoft mengijinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses Quick Setting di Windows. Jika bisa, alangkah enaknya mengatur fungsi baterai itu dari sana. Sejauh yang saya ketahui, belum ada pilihan menambah setelan seperti baterai dan kipas dari MyASUS di sana.

Pilihan lainnya, menghadirkan fitur MyASUS itu sebagai actionable widget (bisa melakukan tindakan di widget aplikasi). Microsoft sudah mengumumkan fitur ini, tapi masih dalam uji coba).

Jadi begini bayangan saya. Anggaplah baterai laptop dalam kondisi 40%. Tiba-tiba saya dapat undangan konferensi di Microsoft Teams. Jika ada setelan di Quick Setting atau di Widget, saya bisa dengan cepat mengalihkan mode baterai ke Maximum lifespan mode, mencolok kabel daya, dan segera bergabung di konferensi.

Begitupun jika saya mau main game setelah lelah bekerja. Saya bisa mengalihkan mode baterai dan mengaktifkan profil kipas dengan cepat untuk mendapat performa maksimal dalam bermain game (main game tanpa mencolok kabel daya dan pakai whisper mode nggak maksimal, bro).

Bagaimana? Lebih praktis kan daripada membuka aplikasi MyASUS, membuka halaman setelan, scroll, lalu pilih satu persatu?

Kalau kamu belum tahu fitur itu di aplikasi MyASUS, cobalah. Sangat berguna. Lalu, kalau ada orang ASUS yang membaca tulisan saya ini, ahem, semoga bisa jadi bahan pertimbangan 😁.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.