ASUS Vivoboon Pro 14X
aplikasi font pc terbaik

Inilah Aplikasi Font Terbaik Untuk PC & Cara Pakainya

Lebih cerdas mengelola berbagai koleksi jenis huruf

Seperti palet warna, jenis huruf atau font juga memainkan peranan penting dalam sebuah desain. Dengan banyaknya jenis font yang ada, kita bisa saja kewalahan mengelola koleksi kita. Untungnya kita bisa memakai aplikasi pengelola font di PC.

Di sini saya memberikan rekomendasi aplikasi font terbaik, termasuk alasannya, dan cara pakai aplikasi tersebut.

Kenapa Perlu Memakai Aplikasi Font?

Secara mendasar, untuk bisa memakai sebuah font di aplikasi desain, kamu harus memasang file font tersebut ke dalam folder di dalam sistem operasi.

Tanpa aplikasi pengelola font (font manager), ketika kamu mau melihat koleksimu, kamu harus membuka folder bersangkutan. Jujur saja, penampilannya tidak terlalu bersahabat.

Selain itu, semakin banyak koleksi yang kamu punya, bisa semakin berat pula komputermu bekerja. Karena setiap kamu membuka aplikasi desain, komputer akan memuat semua font yang terdaftar. Bayangkan kalau kamu punya 1000 lebih font berbeda.

Dengan aplikasi font manager, kamu bisa melihat koleksi font dan bisa mengelolanya dengan dengan lebih baik. Tidak percaya? Mari kita lihat.

Aplikasi Font PC Terbaik

Font manager yang saya rekomendasikan di sini bernama Fontbase. Aplikasi ini sudah cukup populer, tidak hanya di pengguna PC, tapi juga Mac. Ya, karena penampilan dan fiturnya memang menarik.

Pertama, di aplikasi Fontbase, kamu bisa melihat berbagai jenis huruf langsung dalam bentuk kalimat, barisan alfabet, atau apa yang kamu ketik sendiri. Kamu juga bisa mengatur ukuran tampilan font.

Kedua, kamu bisa langsung mengakses dan melihat semua koleksi Google Font atau folder buatanmu sendiri (misalnya kamu buat folder khusus untuk koleksi font). Dengan begitu kamu bisa melihat semua variannya lebih mudah (misalnya Regular, Italic, Bold, dll).

aplikasi font pc fontbase

Ketiga, aplikasi ini memakai sistem aktivasi font, bukan install. Jadi kamu tidak membebani sistem operasi dengan font yang berjubel. Kalau perlu kamu aktifkan font yang kamu inginkan, jika tidak perlu tinggal dimatikan.

Keempat, kamu bisa mengelola mana font yang menjadi favoritmu, atau menandainya dalam kategori tertentu sebagai koleksi. Misalnya font tulisan tangan, font retro, font futuristik, font kaligrafi, dll. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menemukannya.

Kelima, aplikasi Fontbase gratis. Ya, versi gratis memang punya keterbatasan. Tapi dengan keterbatasan itupun fiturnya sudah powerful. Kalau kamu berlangganan, kamu bisa mendapat fitur lebih, seperti melihat glyph, aktivasi otomatis, tampilan multiview, dll.

Cara Memakai Fontbase

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu download dan install aplikasi Fontbase. Kamu bisa mendapatkannya melalui situs resmi.

Setelah aplikasi terpasang, buatlah folder khusus font. Bisa di dalam folder dokumen atau di tempat yang kamu pilih. Kemudian, silakan berburu font keren. Bisa dari Font Squirrel, DaFont, Behance, Dribbble, dll (dari Google Font tidak perlu karena bisa kamu akses dari dalam aplikasi). Kumpulkan semua font itu dalam folder yang sudah kamu buat.

Lalu, klik tanpa ‘+ Add‘ yang ada di bagian Folder di menu sebelah kiri dan tambahkan folder khusus font yang kamu buat di situ. Semua font yang ada di dalam folder (termasuk sub-folder, misalnya jika kamu buat berdasar alfabet nama font) akan langsung terdaftar. Asiknya, setiap kamu menambahkan font baru, aplikasi akan segera memperbarui koleksi tersebut.

Nah, jika kamu mau memakai salah satu font yang ada, kamu tinggal klik lingkaran yang ada di samping nama font. Kamu bisa mengaksifkan seluruh keluarga font itu, atau memilih salah satu style saja. Jika kamu memilih dari Google Font, aplikasi akan secara otomatis mengunduhnya dan memasangnya di komputermu.

Jika kamu sudah tidak ingin memakai font bersangkutan, tinggal klik lagi di lingkaran tersebut. Maka font pun akan tidak aktif di sistem. Dengan begitu, kamu bisa tetap mengontrol jumlah font yang aktif sehingga tidak memberatkan sistem operasi.

Kelola Font Dengan Cerdas

Nah, kamu bisa lihat kan, kenapa saya merekomendasikan Fontbase sebagai aplikasi pengelola font terbaik untuk PC? Bahkan sebagai font manager gratis, aplikasi ini sudah menawarkan berbagai fitur yang sangat memudahkan.

Sekarang giliranmu mencoba. Selamat berburu font keren dan mencobanya di berbagai desain. Semoga rekomendasi saya ini bisa membantu alur kerja kreatif yang lebih mulus. Semulus pantat bayi.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.