Instagram memberikan banyak fitur menarik untuk memperluas jangkauan audiens sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Bahkan, Instagram memberikan fitur yang berbeda dan spesial untuk akun profesional dalam bentuk creator dan business. Apa perbedaan Instagram creator dan business? Nah, dari namanya mungkin kamu sudah memiliki gambaran apa perbedaan Instagram creator dan business.
Daftar Isi:
ToggleBisa dibilang bahwa perbedaan Instagram creator dan business ini terletak pada tujuannya. Jika kamu adalah seorang content creator yang nantinya menjurus pada influencer maka pilihlah akun profesional khusus untuk Instagram creator, begitu pun dengan Instagram business. Pasalnya, keduanya memiliki fitur tambahan yang berbeda disesuaikan dengan tujuan masing-masing kebutuhan, baik untuk creator dan business.
Apakah hanya itu perbedaan Instagram creator dan business? Tentu saja tidak, karena masih ada perbedaan Instagram creator dan business lainnya yang perlu kamu tahu sehingga bisa menetapkan kira-kira akun profesional seperti apa yang kamu butuhkan. Mari simak perbedaan Instagram creator dan business dalam pembahasan berikut ini.
Baca Artikel SelengkapnyaApa Itu Instagram Creator dan Business Account?

Sebelum membahas lebih jauh soal perbedaan Instagram creator dan business, penting untuk memahami definisi dari kedua jenis akun ini. Jadi, apa itu Instagram creator dan business?
- Instagram Creator Account dirancang untuk seseorang atau personal / perorangan seperti influencer, artis, fotografer, dan content creator yang fokus pada pengembangan personal branding serta interaksi dengan followers.
- Sedangkan Instagram Business Account lebih ditujukan untuk bisnis seperti toko, restoran, agensi, atau organisasi yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas secara profesional.
Meskipun memiliki banyak kesamaan, karena sama-sama memiliki fitur analitik dan kemampuan menambahkan call-to-action (CTA), kedua akun ini memiliki perbedaan penting yang memengaruhi cara kamu menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran.
Keunggulan dan Fitur yang Dimiliki Instagram Creator dan Business
Meski memang ada banyak perbedaan dalam Instagram creator dan business, tapi ada beberapa keunggulan dan fitur yang sama-sama dimiliki oleh kedua akun tersebut. Baik Creator maupun Business Account memiliki sejumlah fitur yang serupa, berikut adalah beberapa di antaranya:
- Insight Analytics: Kedua akun memberikan data analitik yang detail, termasuk performa konten, demografi audiens, waktu aktif para followers, dan tingkat interaksi. Dengan fitur ini, kamu dapat memahami apa yang bekerja dengan baik di akunmu dan menyesuaikan strategi konten.
- Two-Tab Inbox: Fitur ini mempermudah kamu untuk mengelola pesan langsung (DM) dengan membagi inbox menjadi dua kategori: Primary untuk pesan penting dan General untuk pesan yang bisa ditanggapi nanti. Fitur ini biasanya akan sangat membantu ketika kamu menerima banyak pesan dari followers atau mitra bisnis.
- Saved Replies: Kalau fitur yang satu ini bisa membantu kamu untuk mempercepat respons dengan pesan yang telah disimpan. Kamu cukup mengetikkan kata kunci tertentu untuk memunculkan balasan otomatis.
- Paid Partnership Tag: Baik Creator maupun Business Account bisa menandai atau tag mitra dalam postingan berbayar, memberikan transparansi kepada audiens sekaligus menyediakan data performa untuk mitra bisnis.
- Shoppable Posts: Sedangkan, fitur ini bisa kamu gunakan untuk tag produk dalam postingan dan story. Creator Account dapat melakukan tagging produk dari merek tertentu, sedangkan Business Account bisa menampilkan toko langsung di profil.
Perbedaan Instagram Creator dan Business

Nah, kalau sudah memahami semua definisinya serta keunggulan dan beberapa fiturnya, sekarang mungkin waktu yang tepat untuk membahas perbedaan Instagram creator dan business. Sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan Instagram creator dan business. Namun, perbedaannya cukup membawa dampak krusial terhadap strategi pemasaran. Jadi, apa saja yang perlu kamu antisipasi mengenai perbedaan Instagram creator dan business ini?
1. Kategori Profil
Perbedaan Instagram creator dan business yang pertama adalah soal kategori profil. Keduanya memiliki beberapa pilihan kategori profil yang berbeda, seperti:
- Creator Account: Menyediakan kategori yang lebih personal, seperti artist, blogger, public figure, atau chef.
- Business Account: Menawarkan kategori yang lebih formal, seperti advertising agency, hotel, restaurant, atau retail.
2. Fitur Penjadwalan Konten
Nah, ini juga menjadi salah satu perbedaan mendasar antara akun creator dan business. Pasalnya, tidak semua akun profesional di Instagram memiliki fitur penjadwalan konten lho.
- Creator Account: Tidak mendukung aplikasi pihak ketiga untuk bisa menjadwalkan konten secara otomatis. Namun, kamu bisa menggunakan Creator Studio untuk menjadwalkan postingan.
- Business Account: Mendukung penjadwalan otomatis menggunakan alat pihak ketiga seperti Hootsuite atau Buffer, yang lebih memudahkan pengelolaan konten.
3. Tombol Call-to-Action (CTA)
Kita semua tahu bahwa CTA itu sangat penting dalam postingan Instagram. Namun nyatanya ada perbedaan antara akun creator dan business dalam CTA ini, yaitu:
- Creator Account: Hanya memiliki tombol “Book Now” atau “Reserve”.
- Business Account: Menawarkan lebih banyak opsi CTA seperti “Order Food”, “Book Now”, dan “Reserve”. Fitur ini sangat cocok untuk bisnis yang menawarkan layanan langsung kepada pelanggan.
4. Alamat dan Lokasi
Bahkan, perbedaan Instagram creator dan business juga bisa dilihat dengan kehadiran fitur alamat dan lokasi yang mana fitur ini tidak muncul jika kamu menggunakan fitur creator account.
- Creator Account: Tidak memiliki opsi untuk menampilkan alamat fisik.
- Business Account: Penggunanya dapat menambahkan alamat bisnis di profil untuk memudahkan pelanggan menemukan lokasi fisik bisnismu.
5. Monetisasi dan Iklan
Ini dia perbedaan Instagram creator dan business yang terakhir, yaitu soal monetasi dan iklan. Apa yang membedakannya?
- Creator Account: Mendukung fitur monetisasi seperti langganan dan badges saat melakukan siaran langsung. Kamu juga bisa mengontrol jenis iklan yang muncul di profilmu.
- Business Account: Lebih fokus pada kemampuan beriklan seperti mempromosikan postingan dan menargetkan audiens dengan lebih spesifik.
Kapan Harus Memilih Creator atau Business Account?
Nah, tadi sudah dibahas mengenai perbedaan Instagram creato dan business. Tapi ternyata mungkin kamu masih bingung harus memilih yang mana, antara Creator Account dan Business Account. Memilih antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan tujuan kamu di Instagram. Berikut panduan singkat untuk membantu kamu menentukan pilihan:
Creator Account: untuk Perorangan yang Kreatif dan Influencer

Jika kamu berpikir untuk menggunakan Instagram Creator Account maka kamu bisa pertimbangkan emapt hal penting di bawah ini:
- Ingin Membangun Personal Branding: Cocok untuk influencer, fotografer, artis, atau individu kreatif yang fokus membangun komunitas followers setia.
- Butuh Fitur Insight untuk Kreator: Memberikan data detail seperti jumlah pengikut harian, demografi audiens, dan waktu terbaik untuk memposting konten.
- Menggunakan Audio dan Fitur Tren: Butuh akses ke audio populer dan alat monetisasi seperti badges dan subscriptions.
- Fokus pada Konten Kreatif: Kamu lebih fokus membuat konten yang engaging dibandingkan menjalankan bisnis langsung.
Business Account: untuk Bisnis dan Organisasi

Berbeda dengan creator account, kalau business account ini jelas lebih cocok untuk para pelaku bisnis dengan lima pertimbangan di bawah ini:
- Berfokus pada Penjualan: Dilengkapi dengan fitur seperti Instagram Shopping untuk mempermudah transaksi pelanggan.
- Menjalankan Bisnis yang Menawarkan Produk atau Layanan: Memiliki toko fisik atau online, restoran, atau organisasi yang menawarkan produk atau layanan tertentu.
- Membutuhkan Fitur Call-to-Action (CTA): Tombol seperti Order Food, Book Now, dan Reserve membantu pelanggan melakukan transaksi langsung.
- Ingin Menjalankan Iklan Berbayar: Dapat menargetkan audiens spesifik dengan iklan menggunakan Meta Ads Manager.
- Butuh Penjadwalan Otomatis Konten: Mendukung alat seperti Hootsuite atau Meta Business Suite untuk mengelola konten secara efisien.
Nah, itulah pembahasan lengkapnya soal perbedaan Instagram creator dan business. Kalau kamu seseorang yang hanya ingin menaikkan branding saja, pilihlah Creator Account. Tetapi, apabila kamu memiliki sebuah usaha dengan adanya toko, lebih baik pilih Business Account. Jadi, akun tipe mana yang mau kamu pilih?
Discussion about this post