Tips Memilih Motherboard yang Bagus
Tips Memilih Motherboard yang Bagus

Tips Memilih Motherboard yang Bagus

Zencreator.id – Salah satu pencarian tertinggi ketika seseorang akan build sebuah PC adalah bagaimana sih tips memilih motherboard? Namun sebelum terlalu jauh, sebaiknya kita pahami dulu apa itu motherboard.

Motherboard merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk menghubungkan semua komponen inti dari sebuah perangkat PC.

Motherboard menyediakan konektivitas antara komponen perangkat keras seperti RAM, processor, kartu video, dan hard drive.

Motherboard tentu sangat penting perannya. Karena selain berpengaruh ke durabilitas, juga bisa saja secara tidak langsung berpengaruh ke performa.

Motherboard sendiri hadir dalam ukuran dan jenis yang berbeda, agar sesuai dengan berbagai jenis Perangkat keras yang ada.

Motherboard secara langsung maupun tidak bisa berpengaruh ke performa. Motherboard yang dipilih harus memiliki soket yang memang sesuai dengan processor yang akan digunakan.

Jika salah dalam memilih motherboard, tidak hanya berpengaruh terhadap performa komputer. Hal itu juga berdampak pada daya tahan CPU.

Oleh karenanya, sebelum membeli motherboard yang sesuai dengan kebutuhan, harus memperhatikan beberapa hal tentang tips memilih motherboard dibawah ini.

Socket motherboard desuai dengan processor

Tips memilih motherboard yang pertama ada Processor. Processor merupakan otak dari semua komponen komputer. J

ika menggunakan processor milik intel maka harus memastikan socket processor yang digunakan dapat digunakan untuk processor tipe intel. Begitu juga dengan socket processor tipe AMD.

Kalau socket tidak sesuai, processor tidak dapat dipasang. Dan kalau baru merakit PC, usahakan memilih socket yang processor nya upgradable kedepannya.

Pemilihan socket motherboard ini juga berhubungan dengan versi upgrade dari processor itu sendiri.

Seperti yang telah diketahui bahwa upgrade processor baik AMD maupun Intel terus mengalami perkembangan. Hal ini juga berhubungan dengan ukuran chipset tersebut.

Dengan mempertimbangkan soket processor tidak perlu repot-repot mengganti motherboard baru jika ingin upgrade processor.

Sesuaikan ukuran motherboard dengan casing

Ketika memilih motherboard, perhatikan ukuran dan casing yang akan digunakan. Ada beberapa jenis motherboard seperti EATX (30,5 x 33,0 cm), ATX (24,4 x 24,4 cm), ATX (30,5 x 24,4 cm) dan mini-ITX (17 x 17 cm).

Selain itu, ukuran motherboard ini juga berpengaruh terhadap jumlah PCI serta slot di dalam motherboard. Untuk itu, pastikan memilih ukuran motherboard sesuai dengan casing yang akan digunakan.

Sesuaikan dengan chipset yang terpasang

Chipset menyesuaikan dengan soket CPU yang tersedia. Chipset sangat berhubungan dengan fitur sehingga kamu perlu memperhatikan chipset motherboard.

Satu socket CPU bisa mendukung berbagai chipset yang berbeda-beda, diantaranya kelas rendah (low-end), kelas menengah (mid-end) dan kelas atas (high-end).

Semakin mahal motherboard biasanya chipset yang digunakan semakin bagus dan semakin banyak fiturnya. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Perhatikan komponen motherboard

Stick to the top of the blogCara Melihat Subscriber YouTube Milik Kita Dan Orang Lain Dengan Mudah!

Jumlah port dalam motherboard

Port motherboard perlu diperhatikan karena sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai perangkat yang nantinya akan dbutuhkan.

Contohnya adalah USB tipe 3.0 atau 3.1, USB type C, HDMI, LAN, Audio, dan berbagai port lainnya. Pastikan memilih port sesuai dengan kebutuhan terutama kenyamanan pemakaian.

tips memilih motherboardJumlah slot PCI Express

Fungsi PCI Express sangat berguna untuk menambahkan port USB, audio card, port SATA, dan berbagai port lainnya. Akan tetapi, ini kembali lagi pada kebutuhan dan anggaran.

Pilih yang bergaransi resmi

Dalam memilih motherboard yang sesuai kebutuhan, pastikan jika motherboard tersebut disertai garansi resmi. Jika sewaktu-waktu saat motherboard yang dipakai mengalami kerusakaan, akan lebih mudah untuk diperbaiki dan perhatikan masa garansinya.

Sesuaikan dengan anggaran

Perbedaan pada fitur, kelengkapan slot dan lain nya akan mempengaruhi harga termasuk merk dan garansi. Pastikan anggaran yang dimiliki cukup untuk membeli motherboard yang dibutuhkan. Jika memiliki anggaran yang besar memilih motherboard yang mahal dan lengkap fiturnya dapat dipertimbangkan.

Itulah beberapa tips memilih motherboard yang bagus dan berkualitas. Dengan memilih motherboard yang sesuai, bisa membantu penggunaan serta performa keseluruhan PC menjadi lebih optimal. Pastikan melakukan perbandingan di marketplace untuk mendapatkan harga yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.