ukuran video shorts youtube

Rekomendasi Ukuran Video Shorts YouTube Yang HD

Jika Anda ingin membuat konten video Shorts di Youtube, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan ukuran video Shorts YouTube.

Ukuran video Shorts YouTube meliputi rasio aspek, resolusi, dan ukuran file video Shorts YouTube.

Ukuran Video Shorts YouTube

Ukuran video Shorts YouTube ini penting untuk diperhatikan agar video Anda dapat ditampilkan dengan optimal di pemutar YouTube dan memiliki kualitas gambar yang bagus. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan Zencreator berikut ini.

Rasio Aspek Video Shorts YouTube

Untuk video Shorts YouTube, format dasar yang disarankan adalah vertikal dengan rasio aspek 9:16. Rasio aspek ini sesuai dengan orientasi smartphone yang digunakan untuk merekam dan menonton video Shorts YouTube.

ukuran video shorts youtube

Rasio aspek 9:16 memungkinkan video Anda untuk ditampilkan dengan layar penuh di smartphone tanpa ada ruang kosong atau padding di sisi kanan dan kiri. 

Padding adalah area putih atau abu-abu gelap yang muncul di sekitar video jika rasio aspeknya tidak sesuai dengan pemutar YouTube. Padding ini dapat mengganggu pengalaman menonton dan mengurangi estetika video Anda.

Namun, jika Anda ingin menggunakan rasio aspek lain selain 9:16, Anda juga bisa melakukannya. YouTube Shorts dapat menerima semua rasio aspek, baik 16:9, 4:3, maupun 1:1.

Namun, Anda harus siap menerima konsekuensi bahwa video Anda akan ditampilkan dengan padding di sekitar video jika rasio aspeknya tidak sesuai dengan pemutar YouTube. Jika Anda menggunakan rasio aspek 1:1 (persegi), video Anda akan terlihat seperti kotak di tengah layar.

Resolusi Video Shorts YouTube

Ukuran video shorts YouTube juga bergantung pada aspek rasio video. Untuk rasio aspek 9:16 (vertikal), resolusi standar yang disarankan untuk video Shorts YouTube adalah 1080×1920 piksel.

ukuran video shorts youtube

Resolusi ini setara dengan HD (High Definition) dan dapat menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Resolusi ini juga cocok untuk smartphone yang memiliki layar berukuran besar.

Namun, jika Anda tidak memiliki kamera atau smartphone yang mendukung resolusi 1080×1920 piksel, Anda juga bisa menggunakan resolusi lain yang lebih rendah, seperti 720×1280 piksel atau 480×854 piksel.

Resolusi ini masih dapat diterima oleh YouTube Shorts, namun kualitas gambar mungkin tidak sebaik resolusi yang lebih tinggi.

Untuk rasio aspek lain selain 9:16 (vertikal), Anda bisa mengikuti rekomendasi resolusi dari YouTube untuk rasio aspek standar 16:9. Berikut adalah daftar resolusi yang direkomendasikan untuk rasio aspek 16:9:

  • 4320p (8K): 7680×4320 piksel
  • 2160p (4K): 3840×2160 piksel
  • 1440p (2K): 2560×1440 piksel
  • 1080p (HD): 1920×1080 piksel
  • 720p (HD): 1280×720 piksel
  • 480p (SD): 854×480 piksel
  • 360p (SD): 640×360 piksel
  • 240p (SD): 426×240 piksel

Catatan: Mulai tahun 2022, YouTube tidak lagi mendukung pemutaran dengan resolusi antara 4K dan 8K. Misalnya, YouTube tidak lagi mendukung pemutaran dengan resolusi 5K.

Besaran Ukuran Video Shorts YouTube

ukuran video shorts youtube

Untuk ukuran video Shorts YouTube, tidak ada batasan maksimal ukuran file yang dapat diunggah. Namun, ada batasan minimal ukuran file yang harus dipenuhi agar video Anda dapat dianggap sebagai video Shorts YouTube. 

Batasan minimal ini adalah 1 MB. Jika ukuran file video Anda kurang dari 1 MB, video Anda tidak akan ditampilkan di rak Shorts YouTube dan tidak akan mendapatkan fitur khusus dari YouTube Shorts.

Untuk mengurangi ukuran file video Anda tanpa mengorbankan kualitas gambar, Anda bisa menggunakan beberapa cara, seperti:

  • Menggunakan resolusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan menggunakan resolusi yang terlalu tinggi jika tidak diperlukan, karena resolusi yang tinggi akan meningkatkan ukuran file video Anda.
  • Menggunakan durasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan menggunakan durasi yang terlalu panjang jika tidak diperlukan, karena durasi yang panjang akan meningkatkan ukuran file video Anda.
  • Menggunakan frame rate yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Frame rate adalah jumlah gambar yang ditampilkan dalam satu detik.
  • Menggunakan bitrate yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bitrate adalah jumlah data yang dikirim dalam satu detik.
  • Menggunakan codec yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Codec yang baik akan dapat mengompresi data dengan efisien tanpa mengurangi kualitas gambar atau video. Codec yang umum digunakan untuk video adalah H.264, H.265, VP9, atau AV1.
  • Menggunakan format file yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Format file adalah ekstensi atau tipe file gambar atau video. Kesimpulan

Ukuran video Shorts YouTube meliputi rasio aspek, resolusi, dan ukuran file video Shorts YouTube. Ukuran video Shorts YouTube ini penting untuk diperhatikan agar video Anda dapat ditampilkan dengan optimal di pemutar YouTube dan memiliki kualitas gambar yang bagus.

Demikianlah artikel tentang tips menentukan ukuran video Shorts YouTube yang meliputi berbagai macam bagian. Semoga bermanfaat.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.