ASUS Vivoboon Pro 14X

5 Fitur Yang Bikin ASUS Vivobook Pro 16X OLED Jadi Laptop Ideal

a sweet spot in laptopverse

Kalau kamu bertanya pada saya apa laptop ideal saat ini, salah satu yang akan saya sebut adalah ASUS Vivobook Pro 16X OLED yang punya fitur dan spesifikasi memadai. Jika kamu ingin tahu lebih jauh soal itu, yah… inilah penjelasan saya.

Saat ini, ada banyak jenis laptop hadir di pasaran. Mulai dari laptop pelajar, laptop gaming, laptop kreator, sampai laptop bisnis. Masing-masing punya fitur dan spesifikasi tersendiri.

Nah, seperti juga laptop, begitupun penggunanya. Tiap orang punya kebutuhan dan kesukaan masing-masing. Mulai dari yang sederhana seperti bisa pakai numpad di keyboard, sampai yang ingin bisa main game.

Fitur Seru ASUS Vivobook Pro 16X OLED

Menurut saya, dengan harga di kisaran Rp 20 juta (tergantung serinya), spesifikasi ASUS Vivobook Pro 16X OLED mampu memenuhi hampir semua sisi kebutuhan pengguna. Yah, tentu ada batasannya. Tapi sebagian besar kebutuhan saya bisa terpenuhi dengan laptop ini.

Layar OLED Membuai Mata

Layar OLED di laptop ini sudah mendapatkan berbagai sertifikasi. Seperti memenuhi gamut warna 100% DCI-P3, VESA DisplayHDR True Black 500, PANTONE Validated, dan TÜV Rheinland.

Sertifkasi tersebut memang bukan omong kosong. Tampilan gambar di layar memang lebih tajam dan kaya warna. Walau begitu, tetap nyaman dilihat dan tidak berbahaya.

Entah kamu mau berjam-jam membuat desain, maraton nonton serial drakor, atau main game, layar ASUS Vivobook Pro 16X OLED memberikan tampilan terbaik dan kepuasan visual tersendiri.

Lalu, ukuran layar 16 inci 4K dengan rasio 16:10 bisa memberikan pandangan yang luas dan seimbang. Baik untuk berkreasi atau menikmati hiburan.

Performanya Bisa Diandalkan

Laptop ini tersedia dalam beberapa seri, seperti seri M7600 dengan AMD Ryzen 5000 Series (Ryzen™ 7 5800H / Ryzen™ 9 5900HX) dan seri N7600 dengan Intel® Core™ i7-11370H. Seperti kamu lihat semua prosesor itu merupakan prosesor performa tinggi.

Selain itu, laptop ini juga memiliki RAM DDR4 16GB. Dengan kata lain, kamu bisa melakukan multitasking dengan cukup leluasa. Membuka berbagai aplikasi atau banyak tab di browser tidak akan menjadi masalah. Misalnya membuka Adobe Photoshop dan Illustrator bersamaan dengan browser.

Kemudian, laptop ini juga menggunakan media penyimpanan SSD M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 1TB. Artinya, transfer data mampu berjalan cepat dan kamu punya ruang yang sangat lega untuk menyimpan berbagai file.

Bisa Untuk Main Game

Ya, laptop ini memang termasuk kategori Creator Series. Namun, GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 atau 3050Ti di dalamnya membuat laptop ini juga cukup ampuh untuk main game.

Yah, performa untuk game-nya memang bukan yang terbaik, alias tidak sedahsyat laptop gaming. Lalu kamu juga mungkin akan menggunakan NVIDIA Studio Driver, bukan yang Game Ready.

Tapi toh untuk main game seperti Shadow of the Tomb Raider, Prey, atau Mass Effect Andromeda, sudah mencukupi. Sekali lagi, jangan berharap kualitas 4K dan kualitas grafis ultra ya.

Gaming memang bukan tujuan utama laptop ini. Walau begitu, kemampuan main game ini membuat fitur ASUS Vivobook Pro 16X OLED jadi lebih “utuh.”

Baterainya Awet

Kapasitas baterai tentu jadi pertimbangan sendiri untuk beli laptop. Bagaimanapun, laptop sebenarnya terhitung dalam perangkat yang mendukung mobilitas.

Dengan setelan pemakaian daya yang seimbang di Windows dan whisper mode, laptop ini mampu saya pakai bekerja (layar aktif) sampai sekitar 8 jam dan masih menyisakan sedikit di baterainya. Artinya, kalau kamu bekerja di luar ruang, kamu bisa bekerja dengan cukup leluasa.

Tentu, kalau kamu mau menggunakannya dengan performa tinggi, kamu tetap akan butuh suntikan daya. Sebagai contoh, performa main game akan lebih maksimal kalau kamu mencolokkan daya dan mengaktifkan Dynamic mode untuk kipas (bukan whisper mode).

Punya Berbagai Kelengkapan Praktis

ASUS Vivobook Pro 16X OLED juga punya beberapa fitur praktis. Misalnya sensor sidik jari, jejeran tombol numpad, penutup kamera, dan DialPad yang unik.

Sensor sidik jari yang ada di tombol power merupakan fitur otentikasi biometrik yang nyaman dipakai. Kita hanya perlu menyentuh untuk membuka desktop atau melakukan verifikasi di aplikasi.

Sensor itu lebih enak, karena sebagian orang masih belum merasa nyaman dengan sistem pengenalan wajah. Menariknya, laptop ini juga punya penutup kamera jika kamu takut dengan masalah privasi atau ada aplikasi yang menyalahgunakan kamera.

Sementara kehadiran numpad di keyboard, tentu akan membantu mereka yang sering berhubungan dengan angka. Yah, memencet tombol di numpad lebih intuitif dari pada jajaran angka di atas keyboard.

Terakhir, ada DialPad yang jadi keunggulan laptop ini. Dengan DialPad, kamu bisa mengontrol fungsi umum laptop dan peralatan di aplikasi Adobe. Misalnya ingin memperbesar ukuran brush di Photoshop, kamu tinggal aktifkan fitur ini dan geser tuas lingkaran di touchpad.

Apa Fitur Di Atas Sesuai Untukmu?

Sekali lagi, kebutuhan setiap orang berbeda. Dalam hal ini, saya ingin laptop yang bisa dipakai berkarya — mulai mengetik dan memakai aplikasi Adobe — juga menikmati hiburan. Termasuk pula bisa untuk main game.

Seperti kamu lihat dari pemaparan di atas, laptop ASUS Vivobook Pro 16X OLED memenuhi semua kebutuhan saya. Lalu, dengan segala pertimbangan itu, laptop ini juga punya harga yang masuk akal jika dibandingkan dengan yang setara.

Nah, kalau kamu punya karakteristik pemakaian laptop seperti saya, silakan lirik laptop ini. Siapa tahu cocok. 😉

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.