ASUS Vivoboon Pro 14X

Cara Membuat Fungsi Khusus Untuk DialPad di ProArt Creator Hub

Kalau kamu menggunakan laptop ASUS Vivobook Pro 14X atau 16X OLED–seperti saya–kamu pasti akan bertemu dengan fitur DialPad di touchpad laptop tersebut. Kamu mungkin juga sudah mencoba beberapa fungsi untuk aplikasi Adobe di sana. Tapi tahukah kamu kalau kita bisa membuat fungsi khusus sendiri untuk DialPad?

Nah, kalau belum, di sini saya akan menunjukkan cara membuat shortcut untuk fungsi yang kita tentukan sendiri melalui aplikasi ProArt Creator Hub. Saya sudah pernah membahas soal aplikasi dari ASUS tersebut. Kalau kamu masih belum tahu, silakan baca dulu artikel soal ProArt Creator Hub itu.

Oke, lanjut. Kita memang bisa memilih fungsi peralatan atau tool yang ada di dalam aplikasi Adobe untuk DialPad (ASUS Dial kalau kamu pakai laptop ProArt Studiobook). Misalnya untuk mengatur ukuran brush, zoom pada layer, opacity layer, history, dll.

Tapi belum semua shortcut dari aplikasi Adobe ada di sana. Untungnya, kita bisa menambahkan fungsi sendiri untuk DialPad di ProArt Creator Hub. Di sini saya memberi contoh menambahkan fungsi untuk mengatur urutan layer atau memindah layer ke atas atau ke bawah di Photoshop.

Cara Menambahkan Fungsi DialPad Sendiri

  1. Buka aplikasi ProArt Creator Hub.
  2. Pilih Photoshop dari dropdown menu pilihan aplikasi.
  3. Klik tombol ‘Add function‘ yang ada di kanan bawah (aplikasi akan memunculkan pop-up menu).
menambah fungsi dialpad
  1. Scroll daftar tool ke bawah sampai kamu menemukan ‘Customize Function‘.
  2. Klik tanda + yang ada di sebelah kanan. Aplikasi akan memunculkan isian untuk fungsi baru.
  3. Ketik nama fungsi baru tersebut. Misalnya ‘Layer Order’.
  4. Tekan tombol shortcut yang mengeksekusi tindakan itu (tekan satu persatu, bukan seperti kamu melakukan kombo shortcut).
    Dalam hal ini:
    • Tombol Ctrl + [ untuk menurunkan layer, dan
    • Tombol Ctrl + ] untuk menaikkan layer.
  1. Klik tombol ‘Confirm‘ untuk membuat fungsi tersebut.
  2. Klik tombol ‘Save and Apply‘ untuk mengaktifkannya.

Nah, sekarang kamu sudah menambahkan fungsi buatanmu sendiri di DialPad atau ASUS Dial. Kalau ragu, silakan buka aplikasi Adobe yang baru kamu tambahkan fungsinya. Sehubungan dengan contoh di atas, misalnya Adobe Photoshop.

Ketika kamu mengaktifkan tombol virtual DialPad di layar, kamu akan melihat shortcut fungsi buatanmu itu. Kalau kamu menambahkan tombol shortcut dengan benar, maka fungsi itu akan berjalan seperti seharusnya.

Dengan begitu, kamu bisa menambahkan berbagai fungsi yang sering kamu lakukan di aplikasi Adobe. Yah, tiap orang pasti punya tool favorit masing-masing. Jadi kamu bisa mengaturnya sesuai keinginanmu.

Nah, saya sudah memberi contoh. Sekarang giliranmu mencoba.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.