Syarat Monetisasi Reels Facebook

Syarat Monetisasi Reels Facebook: Cara dan Tips Menghasilkan Uang dari Video Pendek

Tahukah kamu jika Reels Facebook bisa dimonetisasi? Jika kamu tertarik, pertama kamu harus tahu apa syarat monetisasi reels Facebook dulu. Untuk itu simak penjelasan Zencreator berikut ini mengenai syarat monetisasi reels Facebook.

Syarat Monetisasi Reels Facebook

Reels Facebook sendiri adalah fitur video pendek yang mirip dengan TikTok, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi konten kreatif, menghibur, dan viral dengan efek khusus dan musik.

Reels Facebook juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi kreator konten yang memenuhi syarat dan mengaktifkan iklan di video mereka.

Namun, bagaimana cara monetisasi Reels Facebook? Apa saja syaratnya? Dan bagaimana tips meningkatkan pendapatannya? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan lengkap dan jelas.

Syarat Monetisasi Reels Facebook

Untuk bisa menghasilkan uang dari Reels Facebook, kreator konten harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Meta, perusahaan induk Facebook. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:

Syarat Monetisasi Reels Facebook
  • Syarat Monetisasi Reels Facebook yang pertama yakni Kreator konten harus sudah terdaftar dan tergabung dalam program iklan in-stream, yaitu iklan video yang ditampilkan sebelum, selama, atau setelah video lain di Facebook.
  • Syarat Monetisasi Reels Facebook yang berikutnya yakni Kreator konten harus berusia minimal 18 tahun.
  • Syarat Monetisasi Reels Facebook yang berikutnya yakni Kreator konten harus menggunakan halaman Facebook, halaman baru, atau mode profesional untuk profil Facebook.
  • Syarat Monetisasi Reels Facebook yang berikutnya yakni Kreator konten harus lulus dan tetap mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra dan Kebijakan Monetisasi Konten Facebook. Kebijakan ini mengatur tentang standar kualitas, kesesuaian, keaslian, dan keamanan konten yang bisa dimonetisasi.
  • Syarat Monetisasi Reels Facebook yang terakhir yakni Kreator konten harus tinggal di wilayah yang sudah menawarkan fitur monetisasi. Saat ini, fitur monetisasi Reels Facebook sudah tersedia di lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Jika kreator konten sudah memenuhi syarat monetisasi reels Facebook di atas, mereka bisa mengaktifkan iklan di Reels Facebook melalui komputer atau perangkat seluler.

Langkah-Langkah Cara Monetisasi Reels Facebook

Ada dua jenis iklan yang bisa digunakan untuk cara monetisasi Reels Facebook, yaitu iklan overlay dan iklan post-loop. Iklan overlay adalah iklan banner statis yang muncul di bagian bawah Reels.

Syarat Monetisasi Reels Facebook

Iklan post-loop adalah iklan video terpisah yang muncul setelah Reels selesai diputar. Kedua jenis iklan ini akan memberikan bagi hasil pendapatan kepada kreator konten berdasarkan jumlah impresi dan CPM (cost per mille) iklan yang ditayangkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan iklan di Reels Facebook melalui komputer:

  • Buka Meta Business Suite di browser komputer Anda.
  • Klik Monetisasi di menu sebelah kiri.
  • Buka Fitur untuk Dicoba dan klik Iklan di Reels.
  • Pelajari Syarat dan Ketentuannya, lalu klik Setujui Ketentuan.
  • Siapkan akun pembayaran Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan iklan di Reels Facebook melalui perangkat seluler:

  • Buka aplikasi Facebook di perangkat seluler Anda.
  • Ketuk Lainnya di bilah navigasi atas.
  • Pilih Monetisasi dan klik opsi Iklan di Reels.
  • Siapkan akun pembayaran Anda.

Setelah mengaktifkan iklan di Reels Facebook, Anda bisa memantau perkiraan pendapatan Anda melalui Meta Business Suite atau Creator Studio. Perkiraan pendapatan Anda adalah jumlah yang mungkin Anda hasilkan dari iklan di Reels, berdasarkan jumlah impresi dan CPM iklan yang ditayangkan.

Pembayaran akhir mungkin berbeda dengan jumlah perkiraan ini setelah peninjauan, klaim kepemilikan konten, dan penyesuaian lainnya diselesaikan.

Estimasi Pendapatan dari Monetisasi Reels Facebook

Tidak ada angka pasti tentang berapa banyak yang bisa Anda hasilkan dari monetisasi Reels Facebook. Pendapatan Anda tergantung pada banyak faktor, seperti jumlah impresi, CPM iklan, jenis iklan, durasi Reels, kualitas konten, dan lainnya. Namun, sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa contoh estimasi pendapatan dari monetisasi Reels Facebook:

  • Jika Anda memiliki 10.000 impresi iklan per bulan dengan CPM rata-rata USD 5 (Rp71.500), maka perkiraan pendapatan Anda adalah USD 50 (Rp715.000) per bulan.
  • Jika Anda memiliki 100.000 impresi iklan per bulan dengan CPM rata-rata USD 10 (Rp143.000), maka perkiraan pendapatan Anda adalah USD 1.000 (Rp14.300.000) per bulan.
  • Jika Anda memiliki 1.000.000 impresi iklan per bulan dengan CPM rata-rata USD 15 (Rp214.500), maka perkiraan pendapatan Anda adalah USD 15.000 (Rp214.500.000) per bulan.

Perlu diingat bahwa estimasi pendapatan ini hanya bersifat ilustratif dan tidak menjamin hasil yang sebenarnya. Pendapatan Anda bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari perkiraan ini tergantung pada kondisi pasar dan performa iklan.

Demikianlah artikel mengenai reels Facebook, termasuk apa syarat monetisasi reels Facebook. Jika kamu tertarik ingin mencoba seger buka Facebookmu dan buat konten sebanyak mungkin.

Custom Sidebar

You can set categories/tags/taxonomies to use the global sidebar, a specific existing sidebar or create a brand new one.